Alokasi Keuangan Pemprov untuk Kabupaten Tasikmalaya Disorot

oleh -691 views
Kabupaten Tasikmalaya (foto Tribunjabar.com)

JABARPOS.COM- Kabupaten Tasikmalaya ­mendapatkan alokasi bantuan ­keuangan paling besar dari ­Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2020. Bantuan keuangan sebesar Rp 744,6 miliar sudah disepakati ­pemerintah dan DPRD Jawa Barat. Bantuan keuangan dengan jumlah besar juga dialokasikan untuk Pa­ngandaran sebesar Rp 596,8 miliar, Garut Rp 549,5 miliar, dan Majalengka Rp 456,6 miliar.

Kota Tasikmalaya, tetangga Kabupaten Tasikmalaya, mendapat Rp 269,2 miliar dan Banjar mendapatkan alokasi pa­ling kecil yaitu Rp 58 miliar. Adapun nilai jumlah bantuan keuangan Pemprov Ja­bar 2020 mencapai Rp 7,7 triliun.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Padjadjaran Yogi Supar­yogi menuturkan, jumlah bantuan untuk Kabupaten Tasikmalaya cukup mencolok sehingga bisa menimbul­kan kecurigaan. Meskipun hal itu ti­dak terlepas dari niatan Pemprov Jabar yang akan memeratakan pem­ba­ngun­an di wilayah selatan.

”Ini menarik, Kabupaten Tasikma­laya. Kenapa besar apakah bantuan ke desa atau seperti apa. Oke, ka­tanya program Pak Gubernur untuk one pesantren one product (OPOP), mungkin ada bantuan itu. Tapi persoalannya bukan hanya di situ,” ujarnya, Selasa, 10 Desember 2019. Yogi mengaku terkejut dengan alokasi anggaran bantuan keuangan untuk Kabupaten Tasikmalaya. Namun, dia enggan berprasangka di balik penganggaran tersebut..

Bisa saja pembangunan juara lahir batin yang didengungkan pemerintah di Kabupaten Tasikmalaya lebih ditekankan pada masalah batinnya, karena di sa­na banyak pesantren. Yogi berharap Ridwan Kamil mem­perhatikan pengawasan dalam penya­luran dan penggunaan ban­tuan.

Editor Roy

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *