Dari Kostum Unik Hingga Hanoman Berukuran Besar Di Karnaval Agustusan

oleh -5,790 views

Jabarpos.com, Lembang- berbagai kreasi tampil di acara karnaval kali ini, ribuan warga Kecamatan Lembang rayakan Agustusan, di sepanjang jalan Raya Lembang. Kamis,(15/8/19).

Anak-anak lucu dengan busana daerah Bali. Kamis,(15/8/2019)

Dari busana daerah, hinga busana yang unik serta berbagai kesenian daerah hingga moderen, hasil kreasi peserta Karnaval tiap Desa se-kecamatan Lembang.

Kostum Garuda dari Desa Gudang Kahuripan.kamis,15/8/2019.

Seperti beberapa penampil yang menarik perhatian penonton karnaval Agustusan kali ini, ada kostum unik yang diberi judul burung garuda yang dipakai salah satu mojang  dari Desa Gudang Kahuripan.

“Kostumnya bagus dan menarik, sangat detil juga warnanya cocok sangat mewah” kata Ida (34thn) warga Lembang.

Namun bukan hanya itu saja bahkan ada yang lebih menarik perhatian penonton karnaval Agustusan kali ini, yaitu patung hanoman berukuran besar dan cukup tinggi dan dibawa dengan cara dipikul oleh sepuluh orang remaja dan diiringi musik gamelan juga asinden khas Jawa barat.

Hanoman ini hasil karya anak-anak karang taruna kampung pamecelan Desa Sukajaya kecamatan Lembang, kabupaten Bandung Barat.

Menurut keterangan Bapak Owon sesepuh sekaligus ketua lingkung Seni Kencana Wulung, dari kampung pamecelan ini, “Pembuatan Hanoman memakan waktu hampir dua minggu, berbahan dasar bambu juga kain seperti bulu halus.

Waktu ditanya biaya pembuatan, Owon mengatakan,”ya cukup lumayan tapi itu semua hasil suadaya dari warga setempat” jelasnya.

Hanoman ini sangat detail, hampir mirip ogoh-ogoh yang biasa kita lihat dalam perayaan ngaben dan galungan di Bali.

Banyak warga yang sengaja ingin mengabadikan dirinya dengan Hanoman tersebut terutama ibu-ibu dan anak-anak sebagai kenangan Karnaval Agustusan kali ini. (Gus/Jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *