Tangkuban Parahu Kembali Erupsi, Wisatawan Dilarang Mendekati Kawah

oleh -2,287 views

JABAR- Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi pada Kamis, pukul 20.46 WIB, dengan durasi kurang lebih 11 menit 23 detik.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dengan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur.

Petugas Pengamat Gunung Tangkuban Perahu PVMBG, Ilham Mardikaryanta, membenarkan hal tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan tinggi kolom abu teramati mencapai 180 m dari dasar kawah.

PVMBG menyatakan letusan freatik dapat kembali terjadi secara tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik yang jelas.

Karena itu masyarakat di sekitar, pengunjung, wisatawan, pendaki dilarang mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu dalam radius 500 m dari kawah aktif atau sekitara sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang.

Selain itu masyarakat diimbau tidak berlama-lama berada di sekitar kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

Hari ini, Jumat (2/7/2019) status Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan menjadi Waspada (Level II) dari Normal (Level I). Peningkatan status Gunung Tangkuban Parahu berlaku mulai Jumat (2/8) pukul 08.00 WIB.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *