Antisipasi Kecelakaan Laut Terhadap Wisatawan, Basarnas Jabar Turunkan Tim

oleh -2,127 views

JABAR – Antisipasi kemungkinan kecelakaan laut saat masyarakat berwisata, Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat (Jabar) terjunkan tim ke sejumlah objek wisata pantai.

Menurut siaran pers Basarnas Jabar, antisipasi diawali dengan imbauan lalu memperhatikan dan mengawasi pengunjung agar tidak melampaui batas berenang yang sudah ditentukan.

Kepala Basarnas Jabar, Deden Ridwansah melalui siaran pers Jumat mengatakan, tim Basarnas telah disiagakan dengan skala prioritas objek wisata, yakni Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Pantai Santolo di Kabupaten Garut dan Pantai Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

“Tiga tempat tersebut merupakan kawasan pantai selatan Jabar yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah pada musim libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sehingga perlu diantisipasi terjadinya kecelakaan laut,” kata Deden..

Sedangkan di kawasan pantai utara, kata dia, dilakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Air dan Udara serta potensi SAR lainnya di wilayah Cirebon, Indramayu dan Karawang.

Petugas yang diterjunkan tersebut sebagai upaya Basarnas memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar merasa aman dan nyaman ketika berwisata mengisi hari libur Lebaran.

Menurut Deden, ancaman bahaya yang seringkali menimpa wisatawan saat berenang di laut yaitu minimnya pengetahuan atau seringkali melanggar rambu-rambu bahaya di laut sehingga terbawa arus ombak.

“Kepadatan pengunjung ini biasanya santai, enjoy tanpa sadar mereka sudah ada di tengah (laut) dan itu bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk itu kami siap siaga dengan peralatan penyelamatan di air,” katanya.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *