Jajanan Yang Pas Bagi Para Pencinta Makanan Pedas

oleh -2,543 views

JABARPOS– Seblak selalu masuk ke dalam daftar makanan pedas favorit. Diracik dari kerupuk, ditambah dengan bumbu kencur dan sambal pedas, rasanya semakin enak dan nagih.

Jajanan populer yang satu ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Seblak mirip dengan makanan dari daerah Sumpiuh, di Jawa Tengah, yang diberi nama Krupuk Godog. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar kerupuk basah, tapi racikan bumbunya berbeda.

Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood
Seblak asal Bandung, kaya akan bumbu kencur atau cikur yang kuat. Bumbu kencur ini menghasilkan aroma dan rasa unik, yang berpadu sempurna dengan ulekan sambal pedas. Jajanan ini populer sejak tahun 2000an, biasanya dijual menggunakan gerobak, dengan harga murah. Tapi kini seblak sudah jadi makanan kekinian, yang disediakan di kafe tempat nongkrong hingga restoran.

Dulu seblak variannya terdiri dari dua macam, ada seblak basah yang disajikan dengan kuah pedas. Lalu ada seblak kering, yang disajikan tanpa kuah tapi teksturnya tetap basah.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat seblak ada kerupuk kanji, telur, kencur, bawang merah dan putih, cabe rawit, hingga garam. Cara membuatnya terbilang mudah, cukup rendam kerupuk pada air panas, lalu biarkan hingga mengembang dan tiriskan.

Setelah itu haluskan semua bumbu seperti kencur dan bawang, kemudian tumis bumbu hingga wangi. Lalu masukan kerupuk, dan tambahkan telur kocok agar menjadi telur orak-arik. Biasanya banyak orang yang menambahkan sambal merah agar rasa seblak semakin pedas.

Banyak juga yang menambahkan sisa tulang ayam, agar kuah seblak lebih terasa kaldu gurihnya. Meski dulu bahan utamanya hanya kerupuk saja, tapi kini varian dan toppingnya semakin banyak sejalan dengan popularitas seblak yang meroket.

Kini toppingnya ada kerupuk kuning, bakso, makaroni, kikil, kwetiau, otak-otak, mie, siomay, batagor, potongan daging ayam, hingga ceker. Bahkan terdapat juga topping seblak unik, seperti lobster utuh, keju mozarella, cilok, kerang, hingga seblak rasa mie instan Korea.

Salah satu gerai seblak yang paling hits dan populer ada Seblak Jeletet Murni. Gerai seblak yang berlokasi di wilayah Pademangan, yang menjadi pelopor seblak di Jakarta. Untuk mencicipi seblak di sini, pengunjung harus rela mengantre selama berjam-jam.

Di sini terkenal dengan menu seblak super pedas, dengan aneka topping. Seperti kerupuk, mie, kwetiau, makaroni, kikil, bakso, tulang dan juga ceker. Setiap isian dibandrol dengan harga Rp 7.000 – Rp 8.000. Ada juga topping sayap ayam (Rp 6.000) dan telur (Rp 4.000). Lengkap dengan pilihan level pedas sesuai selera.(detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *