Warga Pangandaran Tak Rasakan Getaran Dengan Gempa 5 SR

oleh -1.715 views

Jabarpos-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi terjadi gempa bumi berkekuatan 5,0 skala richter (SR) pada Selasa (01/01/2019) pukul 19.25 WIB di Pangandaran, Jawa Barat. Namun warga tak ada yang merasa adanya getaran.

Gempa bumi berkekuatan 5,0 skala richer (SR) di Pangandaran dengan episentrum terletak di koordinat 10,62 LS 108.46 BT, tepatnya di 327 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jabar dengan kedalaman 10 Km dan tidak berpotensi tsunami.

Tak adanya getaran yang dirasakan dibenarkan oleh Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pangandaran Nana Suryana yang menyatakan setelah mengecek ke beberapa warga di pesisir pantai, tak ada yang mengaku merasakan adanya getaran gempa.

“Kami sudah mengecek ke beberapa warga di pesisir pantai mulai dari pantai Pangandaran sampai ke Cimerak. Semuanya mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa bumi,” kata Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana saat dihubungi.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan pemantauan namun tidak ada bangunan yang mengalami kerusakan. Menurutnya, berdasarkan informasi dari BMKG, jarak pusat gempa cukup jauh sehingga tidak terasa oleh warga.

“Jaraknya jauh jadi getaran tidak sampai, juga tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan relawan penanggulangan bencana, penggiat wisata, TNI, POLRI dan masyarakat.

“Kami sampaikan kondisi wilayah Pangandaran pada umumnya kegiatan sosial, ekonomi dan lainnya berjalan lancar. Seluruh obyek wisata tidak ada masalah,” jelasnya.

Pihak BPBD Pangandaran mengimbau masyarakat dan wisatawan tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasa.

“Tidak usah khawatir. Bagi yang sudah mempunyai jadwal tujuan wisata ke Pangandaran, jangan sampai menunda apalagi sampai membatalkan rencana wisata,” katanya. (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *