Cipanas Indah Milik Pemkab Garut Mulai Dikelola Swasta

oleh -3,188 views

JABARPOS.COM – Objek wisata Cipanas Indah milik Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai dikelola pihak swasta untuk mendongkrak potensi wisata sekaligus memberikan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Mulai 1 November ini sudah ke mereka (swasta), mulai sama mereka,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Minggu (4/11/2018).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Garut secara resmi telah melelang potensi usaha objek wisata Cipanas Indah tersebut agar pengelolaannya nanti memberikan keuntungan.

Lelang pengelolaan wisata air panas itu, kata dia, telah dimenangkan oleh CV Wulandari dengan awal kontrak akan dibangun sesuai kesepakatan sehingga tempatnya akan menarik dan memiliki daya saing.

“Cipanas Indah ini sudah tidak punya lagi daya saing,” katanya.

Ia mengungkapkan, alasan pengelolaan diserahkan kepada swasta karena selama dikelola pemerintah terus merugi sekitar Rp300 juta per tahun.

Akibatnya, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Garut harus menutupi kerugian potensi usaha dari objek wisata tersebut dengan mengalokasikan dana dari APBD Garut.

“Cipanas Indah itu rugi terus-terusan hampir Rp300 jutaan per tahun, membebani APBD,” katanya.

Ia menyampaikan, kerja sama pengelolaan wisata tersebut diawali dengan pembangunan kawasan wisata dengan sistem kontrak sebesar Rp300 juta per tahun.

Selanjutnya, kata dia, setiap tahun pembayaran kontraknya akan meningkat, bahkan nanti setelah 30 tahun bangunan di kawasan wisata akan milik Pemerintah Kabupaten Garut.

“Tiap tahun kita mendapatkan keuntungan minimal Rp300 juta, nanti setelah 30 tahun yang sudah dibuat nanti milik pemda, sekarang tahapannya disewa dulu,” katanya. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *