Saber Hoaks Deteksi Berita Bohong Jelang Pilpres Meningkat

oleh -2,284 views

JABARPOS.COM – Lembaga Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks mendeteksi jumlah berita palsu atau hoaks mengenai politik di Provinsi Jawa Barat semakin banyak beredar di laman daring, khususnya di media sosial, menjelang Pemilu Presiden 2019.

“Menurut hasil laporan, menjelang Pilpres memang meningkat pesat laporan khususnya hoaks tentang politik,” kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil, di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Gubernur Emil mengatakan sejak diluncurkan pada awal Desember 2018, Tim Jabar Saber Hoaks terus bekerja keras dalam memberantas hoaks yang beredar di laman daring selama ini.

“Dan jumlah hoaks yang ditemukan pun semakin banyak dan ditindaklanjuti dengan klarifikasi dan pelaporan,” kata dia.

Pihaknya berharap warga Jabar tidak khawatir dan bingung dalam menerima informasi dan jika kurang yakin dengan informasi yang ditemukan, warga bisa segera menghubungi Jabar Saber Hoaks.

“Saya senang Jabar Saber Hoaks ini diapresisasi oleh banyak kementerian termasuk Pak Presiden sendiri kemarin waktu di Garut,” kata dia.

“Menurut saya luar biasa jadi sekarang rakyat punya saluran bagaimana memverifikasi kegalauan keresahan oleh berita yang belum diyakini,” lanjut Gubernur Emil.

Dia mengatakan selama ini banyak pihak yang memberikan apresiasi karena Jabar satu-satunya provinsi yang punya tim profesional untuk menangkal hoaks.

“Kalau ini dihadirkan di seluruh Indonesia maka warga tak akan mengalami keresahan akibat berita bohong,” kata Emil. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *