Anggota Komisi II Desak Kemendagri Segera Bertindak Sebab Demo GMBI di Jabar Ricuh

oleh -195 views

JABARPOS.COM – Demonstrasi yang digelar organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di depan Mapolda Jawa Barat (Jabar) berujung ricuh. Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera bertindak.

“Pihak Kementerian tentu kita harap sebagai pembina organisasi sosial kemasyarakatan harus juga proaktif dalam menyikapi organisasi sosial kemasyarakatan diberi pendidikan politik, diberi edukasi bagaimana sebagai sebuah organisasi itu, apa peran serta dia dalam ikut berpartisipasi dalam persoalan-persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus kepada wartawan, Jumat (28/1/2022).

Menurut Guspardi, Kemendagri harus memberi edukasi dan membina ormas-ormas di Tanah Air, termasuk GMBI. Hal itu perlu dilakukan supaya ormas-ormas tidak berbuat aksi-aksi anarkistis yang dapat merugikan masyarakat.

“Karena itu, Kemendagri bagaimana dia hadir dalam menyikapi segala keinginan harapan dan tuntutan ormas yang bersangkutan. Harus disalurkan aspirasi apa yang diinginkan sehingga tidak muncul demo, apalagi tindakan-tindakan yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Sebelumnya, demo massa GMBI berujung ricuh di depan Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/1). Massa merusak pagar Mapolda Jabar hingga ada yang menunggangi patung Maung Lodaya, yang merupakan simbol Polda Jabar.

Total ada 731 orang yang ditangkap polisi, termasuk seorang anggota GMBI yang menunggangi Maung Lodaya.

Demo digelar massa GMBI berkaitan dengan proses penanganan perkara bentrok ormas di Kabupaten Karawang yang menewaskan satu anggota GMBI pada November 2021.

Polisi juga menetapkan Ketua Umum GMBI M Fauzan sebagai tersangka berkaitan dengan demo berujung anarki di depan Mapolda Jabar. Selain Fauzan, ada 10 orang anak buahnya yang juga jadi tersangka.

“Tadi siang oleh penyidik sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (28/1).

Source: detik.com