Dengan Pasanggiri, Salah Satu Upaya Melestarikan Seni Calung Yang Hampir Hilang.

oleh -1.989 views

Jabarpos.com. Lembang-Demi melestarikan Kesenian tradisional yang hampir terlupakan bahkan tersingkirkan, berbagai upaya dilakukan, seperti halnya oleh Lembaga Adat Kabuyutan Lembang, yang menghimpun para tokoh sekaligus pelaku seni sunda, salah satunya seni calung. Minggu,(1/7/2018)Malam lalu.

Para tokoh seniman Calung dari beberapa sanggar seni calung yang masih ada di lembang, berkumpul di Gedung aula Desa Lembang, mereka bersilaturahmi sekaligus berdiskusi, tentang masa depan kesenian calung ini agar tetap bisa bertahan dan kembali eksis.

Ketua Lembaga Adat Kabuyutan Lembang, Abah Jepri Mengungkapkan,”Bahwa kesenian Calung ini bukan sekedar untuk hiburan saja tetapi merupakan Sarana informasi bagi Masyarakat, dan sekaligus membantu pemerintah untuk menyampaikan program-programnya di setiap pementasannya”ungkapnya.

“Di dalam seni calung ini paket komplit,karna sudah ada musik, lagu, cerita, gerak dan Lawakan. Biasanya untuk menyampaikan informasinya didalam cerita dan lawakan, bahkan dalam lagu itu sendiri”imbuhnya.

Bah Lele salah satu tokoh Seniman Calung berharap, diantara obrolan pada saat itu”menginginkan diadakan kembali pasanggiri calung yang  di gagas oleh Lembaga Adat Kabuyutan Lembang,  pada tahun 2015 lalu, dan ternyata antusias para pelaku seni calung sangat besar pada saat itu, sekitar 23 grup seni calung ikut pasanggiri. Bahkan sampai ada peserta Grup Calung perempuan,(Bojo Balebat Grup) dan meraih juara pertama”tuturnya.

Abah Jepri,membenarkan”Pasanggiri yg pernah diadakan adalah salah upaya untuk melestarikan dan memotivasi agar kesenian tersebut terus ada dan lestari keberadaannya, juga kemasan tampilan dengan gaya kekinian mengikuti perkembangan jaman. Dan mudah mudahan Peminpin yang terpilih di Bandung Barat saat ini dapat mempasilitasi para pelaku seni tradisional. “Pungkasnya. (AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *