Membangun Jiwa Pancasila melalui “Petualangan Bagi Persaudaraan”

oleh -3,457 views
Peserta kegiatan "Petualangan bagi persaudaraan"

Jabarpos.com, Tanggerang – Kawal Nusantara(KAWAN), dalam event yang bertajuk “Petualangan Bagi Persaudaraan” untuk ketiga kalinya Bosscha Training Partner(BTP) yang beralamat di Jln.Bhakti Sejati, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan.

Event ini ditujukan untuk lebih menumbuhkan dan memperkaya wawasan Pancasila, kebangsaan dan cinta tanah air kepada generasi muda yang di gelar hari, Sabtu,(15/9/ 2018).

Bosscha Training Partner (BTP) sangat mendukung hal yang menjadi konsen KAWAN, pelaksanaan kegiatan di Kampung Pakuhaji Cengkareng, Desa Kramat, Tangerang Selatan.

para peserta saat mengikuti salah satu kegiatan.

Kegiatan kawan mulai dari outbound bertema kebangsaan, lomba pidato, lomba vlog tentang Pancasila, nonton bareng film LIMA, menggelar saresehan tentang keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia.

KAWAN adalah sebuah komunitas masyarakat yang sangat memperhatikan pentingnya akan kesadaran nilai-nilai Pancasila.

KAWAN sangat mengharapkan kegiatan yang mereka (peserta) lakukan dapat dilakukan juga oleh komunitas masyarakat lain di daerahnya masing-masing.

Kegiatan yang diikuti, 99 peserta ini merupakan perwakilan dari beberapa sekolah antara lain, SMA Lab businness school, MAN 2 Tangerang, SMA Kanisius, MAN 3 Tangerang, Ponpes Jabal Nur, SMKN2 Tangerang, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dan MAN 4 Tangerang, Tentunya dengan bebagai macam perbedaan latar belakang, suku, budaya, agama maupun karakter.

Camelia Tizia  Ketua pelaksana Event dari KAWAN, dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan ini ditujukan agar para peserta menjadi pelopor dan agen perubahan kearah yang lebih baik, terutama bagi diri sendiri selanjutnya akan berdampak pada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, agar lebih santun, lebih cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara tentunya agar berjiwa Pancasila dengan melaksanakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. “Sambutnya.

Event ini juga didukung oleh GP Ansor Provinsi Banten, sehingga kebhinekaan dari penyelenggara maupun peserta terasa sangat kental.

Course Director BTP, Laurentius Rahutomo, dalam hal ini merancang program secara keseluruhan yang makna maupun wawasannya dapat secara instan ditangkap oleh peserta.

Hal ini sangat terlihat ketika peserta dari masing masing kelompok mempresentasikan pengalamannya selama mereka mengikuti kegiatan kepada kelompok yang lain, diharapkan pengalaman dan dinamika dari setiap kelompok dapat saling mengisi.

Para siswa peserta kegiatan ketika ditanya dengan mengikuti kegiatan ini mereka mengatakan”Seneng banget, karena selain
menambah teman baru, juga mendapatkan ilmu baru, wawasan baru tentang kebangsaan dan nilai nilai luhur Pancasila”

Mei Wisana, CEO Bosscha Training Partner (BTP) mengatakan, “Makna dari Event yang dilaksanakan ini adalah untuk meningkatkan cinta tanah air bukan hanya fisik tanah dan air tetapi semua penghuni yang ada di dalamnya. Jika rasa kebangsaan sudah tertanam di semua insan Indonesia maka perpecahan yang berakar dari perbedaan suku, agama, ras, kepercayaan dan status sosial akan bisa dihindari karena semua akan berorientasi pada kemanusiaan dan kebangsaan untuk menjaga kemasyarakatan, Tanpa itu semua akan hancur”Ujarnya.

Ia pun berharap dengan kegiatan ini senantiasa mendapatkan Rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat efek yang luar biasa kepada Pancasila dan NKRI. (ap/jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *