Gelar Seni Ormatan Tarawangsa,Untuk Lombok

oleh -1.986 views

Jabarpos.com, Lembang – Karang Taruna Peduli Lombok menggelar  Seni Ormatan Tarawangsa dari Pusaka Karamat Cikahuripan, dan komunitas Gudang. Jum’at, (30/8/2018).

Acara dimulai jam 21.30 WIB, Nayaga(pemain musik)Deni Surawung, Ade pemong, Jang Arim,Him sagarmatha. yang menjadi sesepuh/saehu malam itu mang Boni Etem. Saehu adalah seorang pemimpin acara. Tidak semua orang dapat berperan sebagai saehu. Menjadi saehu disyaratkan telah memiliki tingkat kedewasaan lahir dan batin, bijaksana, serta memiliki keluwesan dalam penyampaian amanat kepada yang hadir di saat dirinya sedang menari.

Penari pembuka ( Baksa) mang Ocim yang mengawali ibingan seni ormatan tersebut.

Seni Ormatan Tarawansa Pusaka Karamat

Tarawangsa adalah seni pusaka yang sangat dihormati di Desa asalnya , sehingga dijuluki seni ormatan. Tarawangsa sendiri memiliki arti dan dimaknai sebagai tatabeuhan rakyat wali nu salapan atau narawang ka nu Maha Kawasa. Tarawangsa juga memiliki tempat khusus untuk menghormai Nyai Nu Geulis, sebuah sebutan yang dituturkan orang-orang tua pada zaman dahulu di Tatar Sunda kepada padi dewi sri, khususnya beras dan nasi. Sedangkan Nu Kasep, sebutan untuk menunjukkan uang. Selain dilaksanakan pada upacara khusus, seperti Ngalaksa dan Bubur Suro, pertunjukan tarawangsa ini juga biasanya dilaksanakan setelah panen padi atau menyelenggarakan hajatan lainnya seperti syukuran dan menempati rumah baru.

“Semoga kegiatan Karang taruna Peduli lombok, dengan harapan digelarnya seni Ormatan Tarawangsa ini, semua yang disumbangnkan mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa” kata Acep Kurnia kepada Jabarpos.com di lokasi acara.

Antusias warga pada acara ini lumayan banyak, mungkin mereka penasaran apa itu seni tarawansa, yang menonton makin malam makin ramai di sebrang jalan, samping kiri dan kanan pertujukan, sambil memberikan donasinya.

Tepat jam 22.00 WIB acara Ormatan pun ditutup dengan ngibing sama-sama. sebagai ucap syukur pada yang maha kuasa.

Menurut Acep acara Penggalan dana ini rencananya sampai tanggal 2 september 2018, di isi oleh beberapa komunitas band lainya. (ap/jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *