Siboca,Mengantar Posyandu Mutiara Juara

oleh -1.782 views

Jabarpos.com. LEMBANG- Siboca, dari 20 program inovasi Posyandu Mutiara telah menjadi juara satu, lomba posyandu tingkat provinsi jawa barat, Jum’at (22/12/2017) lalu.

Ponsandu Mutiara ada di wilayah Kampung Sukamandi Rw.05, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Siboca, (Simpan Botol Baca) program inovasi ini di terapkan kepada anak usia dini, untuk melatih anak gemar membaca dan menabung, tapi dengan sampah. Anak anak diberi buku tabungan seperti layaknya buku tabungan biasa.

Setiap pagi masuk sekolah anak-anak paud Mutiara ceria ini membawa kantong plastik isinya sampah seperti botol platik, gelas plastik juga karton dan barang bekas yang bisa di daur ulang. Kemudian di tampung oleh posyandu untuk dipilah, lalu disetorkan ke Bank Sampah.

“dengan cara begini kita melatih anak untuk membiasakan hidup bersih sekaligus agar mencintai lingkungan nya, minimal dari rumah mereka.” ujar Yuni (40 Tahun) tutor Paud Ceria.

Ternyata antusias anak-anak sangat besar, minat baca meningkat termasuk ibu-ibu mereka sambil menunggu, mereka membaca ketimbang main HP” kelakarnya.

Disinggung soal kesiapan menuju tingkat nasional, Maryani (39 Tahun) Ketua Posyandu Mutiara juga Tutor Paud mengatakan, di lembang Jum’at (30/3/2018) pagi tadi.

” Kami sudah Siap, karna inovasi yang kami buat, itulah kegiatan sehari hari kami lakukan, mungkin ada inovasi tambahan dengan potensi yang ada di lingkungan kami, keberhasilan kami kemarin menjadi juara satu tingkat propinsi, atas dukungan semua unsur, baik Masyarakat, karang taruna, pemerintahan desa Lembang, Muspika, juga pembinaan dari kabupaten bandung barat, untuk menuju tingkat nasional  memiliki 24 Program Inovasi” ujarya.

Kepala Desa Lembang, Yono Maryono SIP (47 Tahun) saat ditemui di Ruanganya, Jumat (30/3/2018) mengatakan “Saya pribadi, juga pemerintahann desa merasa bangga atas keberhasilan yang di raih para kader Posandu Mutiara, menjadi Juara Satu tingkat provinsi jawa barat, mewakili desa lembang dan kabupaten bandung barat”

“Adapun persiapan untuk maju ke tingkat nasional kami sangat mendukung dan membantu sepenuhnya, apa yang menjadi Program Inovasi Posyandu Mutiara.” timpalnya. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *