Bantuan Pemprov Rp 550 Juta Tak Berfungsi

oleh
TPS3R di Kecamatan Pacet yang seharusnya berfungsi untuk menahan banyaknya gelombang sampah ke TPA Pasirsembung malah jadi garasi mobil. Foto tribunjabar.id

CIANJUR-Tempat Pembuangan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS3R) bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Cianjur terbengkalai dan tak beroperasi. Sejak dibangun di Desa Maleber, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, bangunan tersebut tak beroperasi sesuai fungsinya. Bahkan bangunan tersebut sempat dijadikan garasi mobil milik warga.

Beberapa bagian bangunan pun sudah rusak seperti asbes atap hancur, jendela pecah, dan meubel kursi dan meja yang berdebu. Bangunan bantuan provinsi senilai Rp 550 juta ini seharusnya menjadi tempat pengolah sampah warga sekitar.
Ironis, di tengah sampah yang menjadi penyebab banjir selokan di Jalan Pacet, bangunan ini tak sesuai fungsi yang seharusnya.

Bantuan provinsi Jawa Barat TPS3R untuk Cianjur ada dua titik yakni di Pacet dan Sindangbarang. Bantuan ini diterima Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabuoaten Cianjur, Sugeng, yang baru menjabat mengatakan, sepengetahuannya untuk pengelolaan TPS3R diserahkan kepada pihak kecamatan.

“Iya sepengetahuan saya bantuan tersebut dibangun di Sindangbarang dan Pacet, Sindangbarang sudah diserahterimakan ke pihak kecamatan, kalau Pacet nanti saya lihat dulu,” ujar Sugeng ditemui akhir pekan, Kamis (26/12/2019). Sugeng mengatakan, selaku dinas, pihaknya bersifat membina. Dalam hal ini pembinaan dan pengelolaannya di kecamatan.

“Tinggal kami kembalikan lagi ke kecamatan apakah bisa atau tidak, kami bukan lempar permasalahan, di sini LH mengelola, kaitan dengan itu juga warga harus peduli jangan sifatnya menunggu,” ujar Sugeng. Saat ditanya dengan terbengkalainya TPS3R di Pacet pihaknya mengaku belum melakukan kroscek lagi.

Editor Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *