Pemprov Jabar Sulap Isuzu Traga Jadi Maskara

oleh -1,242 views
Presiden Joko Widodo melepas ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, Kabupaten Karawang, Kamis (12/12/2019). Di acara tersebut, Jokowi menyempatkan melihat Maskara ( Mobil Aspirasi Kampung Juara) yang menjadikan Isuzu Traga sebagai platform mobil program Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Barat.(foto tribun jabar)

JABARPOS.COM-Pemerintah Provinsi Jawa Barat ‘menyulap’ Isuzu Traga jadi Maskara. Hal ini sempat mencuri perhatian Presiden Joko Widodo melepas ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, Kabupaten Karawang, Kamis (12/12/2019). Di acara tersebut, Jokowi menyempatkan melihat Maskara ( Mobil Aspirasi Kampung Juara) yang menjadikan Isuzu Traga sebagai platform mobil program Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Barat tersebut. Kepala Dinas DPMD Jabar Dedi Supandi mengatakan tahun ini pihaknya memesan 125 unit Maskara dari Isuzu. Sebanyak 112 unit sudah selesai dan mulai didistribusikan.

“Akhir November pihak Isuzu meminjam satu unit untuk dipajang di lokasi pameran pelepasan ekspor Traga,” katanya saat dihubungi, Jumat (13/12). Menurutnya Maskara ikut mejeng bersama sejumlah Traga hasil modifikasi mulai dari mobil roti, mobil penumpang, hingga mobil boks. Kehadiran Maskara bahkan mencuri perhatian Presiden Jokowi. “Maskara mendapat respon Presiden karena beberapa inovasi mobil itu menjadi bagian dari minat Filipina mengimpor Traga. Jadi bentukan Maskara pun membuat Filipina tertarik, kata Pak Presiden ini bagian dari kebijakan pengurangan impor,” katanya.

Isuzu Traga sendiri merupakan mobil yang dijadikan platform Maskara ( Mobil Aspirasi Kampung Juara) yang merupakan mobil multifungsi yang bisa dimanfaatkan warga untuk angkutan pertanian, layanan kesehatan, hingga hiburan seperti layar tancap dan panggung. Mobil ini dilengkapi dengan seperangkat alat sound system, layar proyektor, dua buah kursi, dan genset. Mobil ini merupakan program Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang diberikan pada desa berprestasi. Sosok yang akrab disapa Emil ini pun lebih dulu menceritakan awal mula lahirnya Maskara sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar.

“Jadi saya dapat curhatan dari warga desa di medsos, angkut orang sakit susah, angkut barang susah, ingin nonton film nggak ada, dangdutan sewa sound system,” ujar Emil. “Pokoknya ini (Maskara) mobil segala bisa, kalau bisa empat fungsi tadi jadi 15. Untuk angkut jualan ke pasar, boleh. Jadi saya ingin mendapat cerita, mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan, uang rakyat kembali ke rakyat,” katanya. Pada tahap awal pelepasan ekspor Traga, sebanyak 120 unit Isuzu Traga diekspor ke Filipina. Ditargetkan pada tahun depan, truk pikap multifungsi tersebut masuk ke-20 negara, seperti Afrika dan Asia Timur.

Editor Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *