Remaja 14 Tahun di Sukabumi Tertimbun Longsor

oleh -525 views
Alat berat melakukan evakuasi. Foto Tribunjabar.com

JABARPOS.COM-Sebuah rumah tertimbun longsor di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (6/12/2019). Dilansir dari Kompas.com, sebagian dari rumah yang berlokasi Kecamatan Kadudampit itu, tertutupi longsoran tanah. Peristiwa longsor yang terjadi sekitar pukul 20.30 WIB itu mengakibatkan remaja 14 tahun, Aldan Maulana meninGgal dunia.

Kejadian berawal ketika hujan deras mengguyur Sukabumi dari siang hingga malam hari. “Pada peristiwa itu satu orang meninggal dunia dan sempat dibawa ke rumah sakit,” kata Camat Kadudampit Jenal Abidin saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Jumat malam.

Hujan dengan intensitas tinggi ini memicu tebing tanah setinggi 4 meter dengan panjang 5 meter longsor. “Material tanah menimbun korban, sementara anggota keluarga lainnya selamat. Evakuasi korban dilakukan gotong royong warga,” tutur dia.

Sebelumnya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan menyusul sudah memasukinya musim hujan. Terutama bagi perumahan, permukiman dan perkampungan yang rawan longsor. “Saya berharap masyarakat hati-hatilah dalam menghadapi perubahan dari kemarau ke musim hujan ini,” imbau Marwan saat dihubungi Kompas.com saat di RSUD Sekawarngi, Cibadak, Senin (2/12/2019) kemarin.

Masyarakat juga harus mencermati kondisi di lingkungannya masing-masing. Karena saat ini sedang berlangsung perubahan dari musim kemarau ke musim hujan. Apalagi yang berada di daerah lereng dan di bawah tebing. “Melihat perubahan tanah, misalnyan bila melihat ada tanah yang retak terutama di daerah tebing atau lereng, warga harus waspada,” tutur dia. Jika melihat ada retakan tanah atau gejala tanah longsor, kata dia, segera berkoordinasi atau melaporkan kepada ketua RT, ketua RW aparat desa setempat, sehingga dapat segera ditangani

Editor Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *