“Juara Adalah Bonus” Saya Membuktikan Kemampuan Secara Totalitas

oleh

Jabarpos.com, Lembang – Gelar juara di lingkungan keluarga Purwawirahma sudah menjadi hal yang biasa, karna setiap mengikuti lomba baik tingkat daerah maupun nasional slalu menjadi juara.

Seperti halnya Dara manis kelahiran, 27 Juni 2002 ini, anak dari Ibu Imas dan bapak Gandi, anak ke lima dari enam bersaudara, ia bernama Partini Cakrawati (17 thn) Pelajar Kelas 12 di SMA Negri 1 Lembang, Kab. Bandung Barat, yang  baru saja meraih gelar juara 1, sebagai Duta Bahasa Pelajar 2019 tingkat Jawa Barat beberapa hari lalu.

Parti, sapaan akrabnya mampu mengalahkan ratusan peserta lainya yang total peserta sebanyak 684 peserta pelajar se Jawa Barat.

Parti, yang bermodalkan keyakinan juga kemampuan dirinya, juga tak lepas dukungan dari kedua orang tua, sodara, guru, dan teman-teman nya, ia mampu lolos menyelesaikan beberapa tahapan, hingga masuk karantina di Balai Bahasa Jawa Barat.

Di Balai Bahasa, ia banyak mendapatkan ilmu juga pengalaman baru karna di balai bahasa ini bukan hanya menjawab beberapa pertanyaan dari para juri, namun iapun bisa berbagi ilmu dengan peserta pelajar lainnya yang notabene baru.

Saat dijumpai Jabarpos, di rumahnya di jln. Baktisejati RW 09 Desa Gudang Kahuripan, kec, Lembang. Kab. Bandung Barat. Ia membagi pengalamannya selama mengikuti lomba tersebut.

Jpc “Kenapa mengikuti lomba ini ?

“Karna saya suka dengan bahasa, kebetulan ada lomba pemilihan Duta Bahasa, ya saya ikutan mendaftar apa lagi ini se Jawa Barat, soal juara atou tidak bukan tujuan utama saya, bagi saya Juara adalah bonus,  dan saya berusaha membuktikan secara totalitas atas kemampuan saya” jawabnya.

Disana (Balai Bahasa) saya dibekali ilmu oleh para pembimbing terutama sejarah, budaya juga saya dituntut mandiri, karna menjadi seorang duta apalagi duta bahasa, harus mampu menyampaikan segala informasi dengan baik, karna bahsa sebagai alat pemersatu bangsa”jelasnya.

“Saya memilih tiga bahasa, bahasa Sunda sebagai bahasa ibu, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, karna menurut saya bahasa adalah budaya tertua dan dengan bahasa kita bakal tau peradaban di bumi manapun” tambahnya.

Saat penobatan Parti ditemani nenek tercinta, yang akbrab disapa Ema.

Disesi terakhir sekaligus penobatan yang di gelar di hotel el Royal, pada tanggal 16 September 2019 lalu, Parti yang ditemani Kaka juga nenek tercinta, mampu mempresentasikan tulisannya dengan baik. Hingga pada ahirnya terpilih sebagai juara 1 Duta Bahasa Pelajar se-Jawa Barat 2019.

Ia pun berharap semoga para generasi muda tidak merasa gensi dengan bahasa dan budaya sendiri, dan saya bisa mengikuti ke tingkat Nasional” harapnya. (Gus/Jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *