Ditemukan Sabu Seberat 9 Gram di Toilet Ruang Kunjungan Lapas Banceuy

oleh -2.075 views

JABARPOS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Banceuy nyaris kebobolan barang narkotik. Petugas lapas berhasil menemukan narkotik sebelum berpindah ke tangan narapidana.

Terungkapnya temuan narkotik tersebut diketahui melalui rekaman CCTV yang dimonitor langsung Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Banceuy Eris Ramdan. Pada Rabu (21/3/2019), sekitar pukul 12.00 WIB, Eris mendapati ada seorang lelaki mencurigakan masuk ke dalam toilet ruang kunjungan.

“Kita pantau selama satu jam. Setelah itu masuk ternyata dia sudah keluar. Ternyata kita temukan ada barang itu. Jadi kemungkinan modusnya tempel. Kita nggak tahu bagaimana bawanya apakah dimakan atau dimasukkan ke dubur hingga bisa lewat pemeriksaan,” kata Eris di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (21/3/2019).

Barang tersebut ditemukan tempat sampah toilet. Narkotik itu dibungkus rapi dengan balutan lakban berwarna cokelat. Petugas lantas membuka bungkusan itu dan menemukan barang haram berupa sabu-sabu dan pil psikotropika.

“Sabu-sabu beratnya 9 gram sementara pil ada 37 butir,” kata dia.

Petugas Lapas Banceuy memperlihatkan barang bukti narkotik.Petugas Lapas Banceuy memperlihatkan barang bukti narkotik. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Pihaknya langsung mengecek data catatan kunjungan. Berdasarkan data yang didapat dengan mencocokkan jam, pengunjung tersebut diketahui berinisial IW. Dia hendak membesuk napi kasus narkoba berinisial RA yang sudah divonis 5 tahun bui.

“Ketika kita periksa RA, dia mengakui. Dia nggak bisa mengelak lagi tuh. Kemungkinan barang ini mau dijual lagi sama dia di dalam,” tutur Eris.

Pihaknya sudah melaporkan temuan ini ke Polda Jabar. Proses pengembangan dan pengejaran pelaku akan dilakukan oleh Polda Jabar. Sementara itu untuk RA, napi yang sudah menjalani hukuman 2,5 tahun dari vonis 5 tahun ini dimasukkan ke sel isolasi.

“Yang bersangkutan (RA) juga kita masukan ke register F,” ucap Eris.(detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *