Suka Belanja? Perhatikan 4 Hal ini Agar Tidak Kalap

oleh -2,149 views

JABARPOS.COM – Belanja adalah aktivitas yang pernah dilakukan oleh semua orang. Namun, belanja biasanya lebih identik dengan kebiasaan wanita.

Banyak wanita memang sangat menyukai belanja. Bahkan, saat belanja mereka bisa lupa waktu dan kalap. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menyesal setelah belanja karena mereka cenderung belanja hanya karena keinginan dan bukan kebutuhan.
Buat yang ingin terhindar dari kalap saat belanja, perhatikan dulu empat hal berikut yang dikutip Jabarpos dari Tempo.

#Survei harga dulu
Jika ingin membeli suatu barang, sebaiknya lakukan survei harga dulu. Lakukan survei mulai dari mencari di internet atau datang ke beberapa toko untuk membandingkan harga. Melakukan hal yang satu ini bisa membuat kita tahu berapa kisaran harga dari barang yang akan dibeli sehingga bisa terhindar dari harga yang lebih mahal.

#Catat barang yang akan dibeli
Hal yang satu ini sering diremehkan. Padahal, mencatat barang yang akan dibeli sangat membantu kita tetap hemat. Selain itu, mencatat barang yang akan dibeli juga bisa membantu kita terhindar dari kelupaan.

#Bawa uang tunai
Membawa uang tunai saat pergi belanja ternyata juga bisa membuat kita tidak kalap. Saat membawa kartu kredit ataupun debit pasti kita mudah kalap karena transaksinya sangat mudah dan bisa membuat lupa anggaran.

#Ajak teman
Mengajak teman saat belanja juga sangat membantu kita terhindar dari kalap. Mereka bisa menjadi pengingat saat kita tak sadar terlalu banyak belanja. Namun, pastikan kita mengajak teman yang tidak boros karena kalau teman juga suka kalap belanja maka kita pun bisa menjadi lebih boros. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *