Murak Tumpeng, Syukuran 2 Tahun Kawasan Wisata Pal 16 Cikole

oleh -2.978 views

Jabarpos.com. Cikole – Pagi itu kawasan wisata Pal 16 cikole sangat cerah udaranyapun sejuk, beberapa tembang sunda terdengar yang diiringi kecapi suling dari panggung yang di tembangkan  para seniman dari Lembaga adat kabuyutan lembang turut mengisi acara sukuran Kawasan Wisata pal 16 ke 2 tahun, Rabu,(11/7/2018).

Acara ini dihadiri Kepala Desa Cikole Jajang Ruhiat.Sip, Lembaga Masyarakat Desa Hutan(LMDH) Giri makmur, Ida Suhara , para sesepuh Lembaga Adat Kabuyutan Lembang, tokoh Masyarakat Abah Wawah, juga dari Komunitas jaga budaya.

Kepala desa beserta rombongan, disambut dengan pencak silat,  dari paguron Gajah Putih sektor Cikole,asuhan abah aep, kemudian para tamu dari pemerintahan, duduk bersila di alasi tikar, berbaur dengan seluruh pengelola,para pedagang, para sesepuh dan bahkan warga sekitar yang hadir.

Ngarekes (Do’a) pun dimulai yang di pimpin oleh Bah Ruma sesepuh dari kabuyutan cibedug, untuk mengucap rasa syukur atas segala nikmat kepada tuhan Yang Maha Esa. dilanjutkan dengan Rajah, kemudian Potong Tumpeng, oleh Kasepala Desa Cikole,Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Makmur, Pengelola, Tokoh budaya Abah Wawah. dan selanjutnya Balakecrakan Murak Tumpeng yang dibawa oleh para pedagang dan pengelola Pal 16 sambil menyaksikan penampilan kesenian sunda.

Dalam acara ini juga Pengelola dan para Pedagang memberikan santunan berupa kepada anak Yatim dan Duafa di sekitara kawasan pal 16 cikole.

Kepala Desa cikole Jajang Ruhiyat,mengatakan”Bahwa keberadaan  taman wisata rest area pal 16 merupakan salah satu tempat wisata yg dikelola langsung oleh warga desa cikole bukan oleh pihak swasta atau investor luar. dan keberadaanya sangat bermanfaat bagi masyarakat sehubungan tempat tersebut memberikan kontribusi bagi segi sosial ekonomi dan budaya dan dirasakan manfaatnya besar sekali, kami merasa terbantu dengan adanya tempat wisata tersebut hingga para wisatawan baik lokal maupun asing datang ke Cikole”Ujarnya di sela sela acara tersebut

Ketua LMDH Giri Makmur,Ida Suhara menjelaskan” taman Wisata Rest Area Pal 16, adalah tempat wisata yg tidak merubah pungsi alam yang ada, bahkan kami dengan pengelola menambah koleksi pohon dengan menanam beberapa jenis pohon di kawasan ini, LMDH Giri Makmur  bekerja sama atau bermitra dengan perhutani sekaligus menjadi jembatan masyarakat untuk ikut berjuang, taman wisata ini tidak keluar dari tatanan hutan dan tidak menyimpang dari aturan, maka tempat ini dapat terwujud”jelasnya.

Abah Ohan pengelola, mengisahkan adanya taman wisata pal 16 “perjuangan selama 7 bulan terus menerus dengan anggota merintis,dan menata agar taman ini bisa terwujud, bahkan pada saat itu banyak yang datang dengan berbagai pertanyaan, ada juga yang menentang dengan didirikannya taman in, tetapi dengan semangat dan tekad kami yang kuat akhirnya bisa terwujud. Hingga sekarang sudah 2 tahun berjalan, dan bisa dirasakan manfaatnya bagi warga masyarakat Desa Cikole khususnya hingga dapat maningkatkan perekonomiennya, dan kami tetap menjaga keasrian alamnya bahkan kami menambah koleksi pohonnya”Kisahnya. (AP/JPC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *