Wisata Kopi Ala Jawa Barat, Nikmati Proses Kopi Sejak dari Awal

oleh

JABAR – Kini hadir di, Bandung, Jawa Barat, wisata kopi dengan nama Upnormal. Terletak di Jalan Cihampelas Kota Bandung, Upnormal menghadirkan Paberik Kopi Upnormal Coffee Roaster dan diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

Lokasi ini menghadirkan berbagai fasilitas produksi kopi, mulai dari fasilitas pemrosesan untuk memilah biji kopi hingga kopi disajikan. Tentu saja tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mendapat informasi proses produksi kopi atau hanya menikmati kopi terbaik Jawa Barat.

Upnormal merupakan ‘Etalase Kopi Jawa Barat’ yang menawarkan sepuluh jenis kopi terbaik Jawa Barat.

Bagi Ridwan Kamil, pabrik kopi tersebut menjadi salah satu jawaban dari tantangannya kepada pelaku industri kafe di Jawa Barat, karena Dia ingin semua kafe yang ada di Jawa Barat menghadirkan kopi asal Jawa Barat dalam salah satu menu sajiannya.

“Kopi di Jawa Barat ini sangat banyak, hanya butuh kekompakan, koordinasi, hingga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai kafe yang ada di Jawa Barat ini mayoritas kopinya datang dari luar Jawa Barat,” katanya.

Untuk menghadirkan kopi dengan kualitas terbaik, kata Emil, pihaknya bekerja sama dengan Specialty Coffee Association dan Sekolah Kopi. Hal ini dilakukan agar kopi Jawa Barat bisa bersaing dengan kopi dari daerah lain di Indonesia, bahkan dunia.

“Karena proses untuk menjadi kopi yang baik itu panjang. Mulai dari bibit, cara menanam, cara mengambil, cara me-roasting, dan seterusnya sampai akhirnya menjadi kopi yang bisa diminum ini, (prosesnya) panjang,” katanya.

Melalui Paberik Kopi Upnormal Coffee Roaster, Gubernur pun yakin kopi-kopi khas Jawa Barat bisa diminati oleh banyak kalangan dan menjadi kopi terbaik di dunia.

Sementara itu, founder Warung Upnormal Sarita Sutedja mengungkapkan bahwa pabrik kopi Upnormal menjadi bagian dari komitmennya untuk mendukung kemajuan kopi Jawa Barat.

Paberik Kopi Upnormal Coffee Roaster memiliki fasilitas roaster terbaik. Fasilitas ini mampu memproduksi kopi dengan kapasitas 1 ton per hari dengan menggunakan mesin Probatone 25.***/Ant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *