Kemenhub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Puncak

oleh
Tugu Siliwangi di Tanjakan Selarong di jalur Bogor-Puncak.(Foto Tribun Bogor)

BOGOR-Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, diperkirakan akan padat pada malam tahun baru 2020. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sekitar 30 ribu kendaraan akan memadati kawasan Puncak saat malam pergantian tahun.

Agar lalu lintas lancar, rekayasa lalu lintas disiapkan di kawasan Puncak. Rekayasa lalu lintas dilakukan Kemenhub bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Balai Jalan VI Kementerian PUPR, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, dan Satlantas Polres Bogor.

“Guna mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas ke arah Puncak, akan dilaksanakan Car Free Night yang dimulai pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB. Kami juga akan siapkan alat berat di titik yang berpotensi ada longsor,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam rapat koordinasi di Mapolres Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019), di laman Kompas.com.

Lebih jauh, sebagaimana dijelaskan Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri, sebelum dilaksanakannya car free night akan diberlakukan one way ke arah Puncak mulai 31 Desember 2019 pukul 07.00-12.30 WIB.

“Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan arus lalu lintas dua arah pada pukul 12.30-18.00 WIB. Setelah itu baru pembukaan Car Free Night,” katanya. Sementara pada 1 Januari 2020, tepatnya setelah pukul 06.00 WIB, akan diberlakukan sistem one way ke arah Puncak selama 1-2 jam, kemudian dibuka dua arah pada pukul 13.00 WIB. Setelahnya, arus lalu lintas akan dijadikan satu arah kembali sampai volume kembali normal.

Editor Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *