Belasan Pelaku Perusakan SMAN 10 Diringkus Polisi

oleh -951 views

JABARPOS.COM- Penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung menetapkan lima tersangka kasus penyerangan dan perusakan pagar dan pos keamanan SMAN 10 Bandung di Jalan Cikutra Kota Bandung, Minggu (27/10). ‎Peristiwa itu terungkap setelah rekaman CCTV penyerangan SMAN 10 Bandung beredar. Tampak di video itu, puluhan remaja mengendarai sepeda motor berada di depan SMAN 10 Bandung. Sebagian dari mereka turun dari motor dan melempari ke arah SMAN 10 Bandung.

Sejak Senin (28/10/2019), penyelidik Polrestabes Bandung sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), memeriksa saksi, dan mempelajari rekaman CCTV. “Dari olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi dan pengembangan, diamankan 13 orang diduga pelaku,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di kantornya, Jalan Merdeka Bandung, Rabu (30/10/2019).

“Namun hasil pemeriksaan pada mereka, ada lima orang yang diamankan,” ucapnya.Ke lima orang tersebut berasal dari salah satu SMK negeri di Kota Bandung. Mereka terlibat dalam penyerangan tersebut. Sejak awal, informasi beredar bahwa ‎penyerangan itu melibatkan segelintir pelajar SMK Negeri 2 Kota Bandung. “Kelimanya dari salah satu SMK negeri di Kota Bandung. Empat di antaranya pelajar dan satu orang alumni SMK tersebut. Peran alumni dalam penyerangan itu sedang kami dalami,” ujarnya.

Pihaknya sudah memanggil kedua kepala sekolah tersebut untuk duduk bersama mengurai masalah tersebut. Kapolrestabes meminta pihak-pihak terkait untuk menjaga keamanan dan kondusifitas Kota Bandung. “Dari pemeriksaan saksi, motif dibalik penyerangan itu berawal dari saling ejek di media sosial yang bermula dari pertandingan sepakbola Liga Pelajar Indonesia,” ujar Irman Sugema.

Sebelumnya diberitakan, Satreskrim Polrestabes Bandung sudah mengantongi sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam penyerangan pagar dan pos keamanan SMAN 10 Bandung, di Jalan Cikutra, Kota Bandung, Minggu (27/10/2019) malam. Sejak Senin (28/10/2019), tim penyelidik sudah memeriksa lokasi kejadian, meminta keterangan sejumlah saksi dan memeriksa rekaman CCTV di sekolah, dan sejumlah tempat di Jalan Cikutra.

“Dari hasil penyelidikan awal, ada beberapa pihak diduga pelaku perusakan. Sudah menemukan identitas pelaku,” ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai ditemui di Jalan LLRE Martadinata Bandung, Selasa (29/10/2019). Seperti diketahui, kasus itu terungkap setelah rekaman CCTV milik SMAN 10 Bandung beredar.

Di video itu, tampak sejumlah anak muda bergerombol di depan pagar SMAN 10 Bandung. Beberapa di antara mereka turun, menghampiri pagar, dan melempari berbagai benda ke arah sekolah. Dari hasil penyelidikan sementara itu, motif dibalik penyerangan itu terungkap. Yakni berawal dari saling ejek di media sosial. “Awalnya bermula saling ejek di media sosial setelah sebelumnya ada pertandingan sepakbola LPI (Liga Pelajar Indonesia) di Stadion Sidolig pada akhir pekan lalu,” ujarnya.

Editor Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *