Fobia pada Makanan Baru Bisa Memicu Beragam Penyakit Serius

oleh -2,004 views

JABARPOS.COM – Fobia terhadap makanan tertentu banyak dialami orang di dunia. Termasuk fobia terhadap makanan yang baru pertama kali diperkenalkan.

Pemilih dalam soal makanan banyak dilakukan orang. Demikian juga orang yang mengalami fobia pada makanan baru yang disebut neophobia, Mereka cenderung menolak makanan baru dan hanya mengonsumsi makanan yang sama terus-menerus. Hal ini banyak dialami oleh orang di berbagai negara.

Selain dapat menimbulkan rasa takut dan cemas yang berlebih, neophobia juga bisa memicu penyakit serius seperti kekurangan gizi, diabetes dan penyakit jantung. Karena penderita neophobia umumnya hanya mengonsumsi makanan tertentu saja dalam jangka waktu lama.

Dilansir times of India (28/6), menurut sebuah studi yang dilakukan di Institut Nasional Finlandia yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, terdapat hubungan negatif antara kadar asam lemak omega 3 dan neophobia. Karena fobia ini berpengaruh pada selera makan, kualitas makanan dan yang pengaruhi metabolisme tubuh dan berat badan.

Penelitian ini melibatkan peserta dengan kelompok usia 25 dan 74 tahun ini mengamati beberapa parameter seperti kadar asam lemak, sitrat, dan kolestrol baik (HDL). Sehingga dapat disimpulkan bahwa neophobia berdampak serius pada kesehatan tubuh secara keseluruhan
(JPC/Detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *