Balakecrakan Makan Nasi Liwet Tercatat Musium Rekor Indonesia

oleh -2.657 views

Jabarpos.com, Ngamprah – Komplek Pemkab KBB, dipenuhi ribuan warga berkumpul mengikuti helaran balakecrakan “Gembrong liwet”. Minggu,(30/9/2018).

Helaran ini digelar sebagai rasa sukur sekaligus “jajap mancen damel” Bupati dan wakil Bupati, AA Umbara dan Hengky Kurniawan di Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

Nasi liwet dari seluruh unsur OPD ini disajikan dalam kastrol berikut lauk pauk, tahu, tempe, ikan asin, berikut lalapan dan sambal berjumlah 2.103 kastrol nasi liwet.

Seluruh peserta helaran mengenakan pakaian khas adat sunda pangsi, iket dan kebaya.

“Nasi liwet ini sebagai simbol kebersamaan, tentu harapannya kebersamaan ini tetap terjaga selama pemerintahan Akur lima tahun kedepan” kata Umbara.

“Dengan jargon Bandung Barat Lumpat saya bersama Hengky Kurniawan, berjanji akan membawa perubahan di pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, dalam tiga tahun kedepan asal seluruh komponen masyarakat tetap bergotong royong dengan seluruh stek holder terkait di pemerintahan KBB”ujarnya setelah menerima piagam rekor Muri.

Senior Muri Awan Rahago menjelaskan, “helaran budaya Gembrong Liwet ini tercatat sebanyak 2.103 ini yang pertama tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI), bahkan rekor dunia. Selain jumlahnya Muri juga menilai kriteria yang  terukur dengan melibatkan seluruh  komponen masyarakat dari enam belad kecamatan ikut ambil bagian. Menurutnya nasi liwet merupakan bagian kuliner nusantara. Muri melihat helaran budaya ini perlu dipertahankan  untuk membuktikan pada dunia bahwa kita kaya akan budayanya”jelasnya. (ap/jpc)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *