Peringati Hari Anak Nasional Dengan Memperkenalkan Permainan Kaulinan Sunda Jaman Dulu

oleh -3.032 views

Jabarpos.com. Lembang – Dalam Rangka Memperingati hari anak nasional, SOS Kinderdorf Lembang bersama Kader PKK kampung Pencut Rw,07 dan Sukandi Rw.15-16, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, dan dibanbantu mahasiswa UPI yang lagi KKN. mengadakan lomba sambil memperperkenalkan kembali permainan kaulinan jaman dulu di lapangan SOS Kinderdorf, Selasa,(24/7/2018).

Tawa canda serta keriangan anak-anak terlihat, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini, lebih kurang 100 anak dari Rw.05, 07, 09, 15, 16, Desa Lembang, dan anak-anak komunitas SOS,mengikuti kegiatan ini, permainan kaulinan yang biasanya dilaksanakan menjelang sore, di halaman rumah, pematang sawah atau lapangan.

Kaulinan Sunda bukan sekedar permainan, tapi kaulinan Sunda memiliki nilai-nilai filosofis yang sangat mendidik, Ada banyak nilai-nilai pendidikan yang menumbuh kembangkan dimensi kecerdasan anak, kaulinan lebih mengutamakan kelompok dan bersipat kebersamaan, sederhana.

Nilai kearifan lokal tertanam pada permainan ini. Bentuk permainan tradisional merupakan juga salah satu bentuk ketahanan budaya yang harus di lestarikan.

jenis kaulinan, boy boyan,Beklen, galah, Pokplak batok, perepet jengkol,hayam careuh.

 

Fitri (10 tahun) salah satu anak mengaku senang bisa ikutan permainan jaman dulu, dan bisa berkenalan dengan teman yang lain, karna ditempatnya ia tinggal tidak ada halaman yang luas untuk bermain seperti ini akunya.

 

Bahkan para kader PKK mencoba keseruan kembali permainan parepet jenkol. Salah satu kader PKK Rw.16 Dian mengatakan” jadi ingat waktu kecil dulu, saya suka main parepet jengkol waktu kecil, saya senang main perepet jengkol ini selain untuk olah raga juga mejaga kekompakan, walau baru satu putaran sudah pada jatuh”Ujarnya sambil tertawa. (AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *