Pada Hari Jadi Ke-450 Pemkab Lamongan Memperkenalkan Pakaian Adat Kepada Masyarakat

oleh -2.432 views

JABARPOS – Pemkab Lamongan memperkenalkan pakaian adat kepada masyarakat. Pakaian adat tersebut akan diresmikan pada hari jadi ke-450 kabupaten berjuluk Kota Soto itu.

Pakaian adat tersebut didominasi warna hitam. Pakaian yang akan menjadi setelan khas Lamongan itu memiliki nilai kearifan lokal atas tersematnya motif batik Lamongan pada ikat dan kain jarik.

Sama seperti ragam pakaian adat khas Jawa Timur, setelan kebanggaan Lamongan itu juga menggunakan jas dan jarit untuk busana pria. Para pria tampak gagah mengenakan atasan jas dengan bawahan celana panjang hitam yang dibalut jarik bermotif batik khas Lamongan. Padu padan tersebut kemudian dilengkapi dengan udeng sebagai penutup kepala.

Sedangkan para wanita biasanya mengenakan kebaya sebagai atasan dengan kain jarit bermotif batik khas Lamongan sebagai bawahan. Padu padan tersebut kemudian dilengkapi kerudung hitam. Motif batik Lamongan mendominasi kain jarit yang digunakan pada busana perempuan.

“Sebelum kami perkenalkan, pakaian adat ini sudah melalui beberapa kajian dan beberapa seminar, yang dihadiri para budayawan dan pemerhati budaya,” kata Kepala Disparbud Lamongan Ismunawan, Kamis (11/4/2019).

Ismunawan menuturkan, desain pakaian adat Lamongan tersebut mengandung nilai sejarah. Oleh karenanya sebelum benar-benar diresmikan, pakaian adat tersebut masih akan dilakukan uji publik terlebih dulu.

“Jadi itu juga ada sejarahnya, mulai dari Sunan Drajat dan lain-lain sampai dengan saat ini, terus dipadukan,” imbuhnya.

Bupati Lamongan Fadeli menyampaikan soal pakaian adat tersebut yang diharapkan segera dikenal masyarakat. Fadeli juga mengatakan, pakaian adat itu akan diresmikan pemakaiannya pada peringatan hari jadi Lamongan ke-450.

“Harapan saya pas hari jadi ke-450, nanti kita tampilkan, kita wajibkan semuanya menggunakan pakaian adat Lamongan dan dipakai pada kegiatan-kegiatan resmi,” pungkasnya.
(detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *