Tradisi Mudik Murak Kakaren Lebaran

oleh -2.076 views

jabarpos.com. Ciawi Tasikmalaya- Saat Lebaran dikampung sangat berbeda dengan di kota, Seperti halnya di kampung keluaga Abah jepri, di kawasan Kampung Tagog, Ciawi Tasikmalaya, saat Jabarpos.com diajak berkunjung ke kampunya.

Abah Jepri (65 Tahun) Menjelaskan”Ada tradisi masyarakat bila lebaran tiba suka” silih anjangan jeung silih asaan”(saling kunjungi dan saling cicipi makanan)”

“Di tiap daerah ditatar sunda memiliki makanan atau olahan yang berbeda, bahkan ada yang jenis makanannya sama tapi namanya berbeda tergantung daerahnya” ujarnya.

“Makanan tersebut seperti, Opak, Ranginang, Sagon, Tengteng Kripik Pisang, Kripik Singkong, Saroja dan banyak lagi jenis lainya. Olahan makanan ini akan menjadi ciri khas kampung itu sendiri, dan merupakan sajian makanan khas saat lebaran”Kata Abah Jepri, sambil menyodorkan jenis olahannya.

Bah Gaji, salah seorang tokoh sesepuh mengatakan, “Ngumpul  keluarga seperti ini penting walaupun hanya satahun sekali, karna banyak hikmahnya agar supaya tidak putus hubungan antara keluarga, terutama generasi penerusnya.    (Ulah  pareumeun obor) tidak tau sanak saudaranya”

“Tradisi Mudik agar manusia tidak lupa asal usulnya atau tanah kelahirannya”Tandas Bah Gaji. (AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *