Tim yang lolos inspeksi Shell Eco-marathon 2024 capai 60-an

oleh -95 views
Bisnis-Yanita Petriella

JABARPOS.COMSebanyak lebih dari 60 tim pelajar telah dinyatakan lolos dari proses inspeksi teknis untuk berpartisipasi dalam kompetisi inovasi mobil hemat energi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik and the Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.

Menurut Direktur Teknik Shell Eco-marathon, Paul Johnson, proses inspeksi teknis dilakukan untuk dua kategori mobil inovatif yang bersaing, yaitu 11 tahap untuk kategori prototype dan 12 tahap untuk kategori urban concept. “Setiap mobil harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dan tim yang lolos akan mendapatkan stiker persetujuan untuk berkompetisi,” jelasnya.

Kompetisi ini diikuti oleh total 78 tim dari 12 negara, yang akan bersaing selama 2-6 Juli. Mereka berlomba dalam dua kategori utama, yakni prototype dan urban concept, dengan menggunakan berbagai jenis sumber energi seperti mesin pembakaran dalam (bensin, solar, etanol), baterai listrik, dan hidrogen.

Paul menegaskan bahwa proses inspeksi teknis merupakan tahap krusial bagi semua tim. “Semua tim harus mematuhi peraturan global Shell Eco-marathon untuk dapat lolos dan mendapatkan stiker yang menunjukkan bahwa mobil mereka siap berkompetisi di lintasan,” katanya.

Tim-tim yang berhasil lolos akan berkompetisi pada Jumat (5/7) untuk mencatatkan jarak tempuh terjauh dengan tingkat efisiensi konsumsi energi yang tinggi. Paul juga menambahkan bahwa partisipasi semua tim ini menunjukkan potensi besar dalam mengembangkan teknologi mobil hemat energi untuk masa depan