Asam Lambung Naik? Atasi dengan 8 Cara Ini

oleh -299 views
Ilustrasi sakit lambung (Pixabay)

JABARPOS.COMAsam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menjadi masalah umum yang mengakibatkan nyeri pada ulu hati atau mulas di bagian bawah dada. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik:

1. Perubahan Pola Makan: Tetapkan jadwal makan yang teratur dengan porsi kecil dan frekuensi lebih sering. Hindari makanan pedas, berlemak, dan berkafein.

2.  Beri Jeda Setelah Makan : Tunggu minimal 3 jam sebelum berbaring setelah makan untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

3.  Hindari Makanan Pemicu : Kurangi konsumsi makanan berlemak, kopi, dan buah yang asam.

4.  Pola Tidur : Tidur dengan kepala dan bahu lebih tinggi dari tubuh jika gejala kambuh.

5.  Kurangi Berat Badan : Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi gejala GERD.

6.  Berhenti Merokok : Merokok dapat melemahkan sfingter esofagus, yang memungkinkan asam lambung naik.

7.  Stres Mengelola : Teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi dapat membantu mengurangi stres yang memperburuk gejala.

8.  Konsultasi dengan Dokter : Jika gejala tidak membaik dengan perubahan gaya hidup, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Setiap individu dapat merespons berbeda terhadap cara-cara di atas, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan Anda dapat mengelola dan mengurangi gejala asam lambung naik dengan efektif.