Gianluigi Buffon Sukses Raih Coppa Italia Bareng Dua Chiesa Berbeda

oleh -939 views

JABARPOS.COM – Catatan unik dibuat Gianluigi Buffon usai mengantar Juventus meraih trofi Coppa Italia musim ini. Ia berhasil meraihnya dengan dua generasi Chiesa yang berbeda.

Di Stadion Mapei, Kamis (20/5/2021) dini hari WIB, Juventus menang 2-1 atas Atalanta di partai final. Gelar ini menjadi yang keenam bagi Buffon sepanjang kariernya, menyamai torehan Roberto Mancini yang juga meraih enam trofi Coppa Italia semasa bermain.

Namun yang menjadi spesial adalah Buffon berhasil memenanginya bersama rekan setim yang berasal dari dua generasi yang berbeda dalam satu keluarga, dalam hal ini keluarga Chiesa.

Sewaktu Buffon meraih gelar Coppa Italia pertama pada 1999 di usia 21 tahun, ia masih berseragam Parma. Saat itu, lini depan Gialloblu diisi oleh Enrico Chiesa. Keduanya berhasil mengantarkan Parma unggul atas Fiorentina di final.

Kini di usia yang sudah 43 tahun, Buffon menjadi rekan setim bagi Federico Chiesa, yang merupakan anak dari Enrico. Sewaktu Parma juara pada 1999, Chiesa junior belum genap berusia dua tahun.

Berbeda dengan ayahnya, Federico Chiesa mampu mencetak gol di laga final. Satu tembakan di menit ke-73 berhasil menjebol gawang La Dea dan menjadi penentu kemenangan Juventus.

Usai laga, Federico Chiesa pun membeberkan percakapannya dengan Buffon sebelum pertandingan.

“Sebelum laga, saya bilang kepada Gigi, ‘kamu sudah memenangi banyak trofi, tapi yang ini (Coppa Italia) kamu pernah meraihnya bersama ayah saya. Sekarang kamu juga bisa meraihnya bersama saya!'” kata Chiesa kepada RAI Sport.

“Dia seorang legenda, dia akan selalu dirindukan di sini,” katanya menambahkan.

Coppa Italia menjadi gelar terakhir yang dipersembahkan Buffon untuk Juventus. Ia akan meninggalkan Allianz Stadium di akhir musim ini, namun belum memutuskan akan pensiun atau terus bermain di klub lain musim depan. (mg1)