Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kinerja Otak

oleh

JABARPOS – Otak adalah sistem pusat saraf yang mengatur kinerja organ tubuh. Terkadang jika merasa lelah kita ingin mengistirahatkan otak agar tidak stres hingga menjadi lebih rileks.

Namun, sering tak disadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang tidak kita ketahui dapat merusak kinerja otak yang akan membuat Anda menjadi lamban dalam berpikir. Melansir dari hhdresearch.org, Kamis, 28 Maret 2019 berikut enam hal yang dapat merusak kinerja otak tersebut.

1. Melewatkan Sarapan

Ada alasan bahwa sarapan dianggap sebagai makanan terpenting selain makan siang dan malam. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, dan itu sangat merusak otak.

Terutama jika itu sering terjadi, otak Anda menggunakan lebih banyak energi daripada organ lain di dalam tubuh dan memakan hingga 20 persen dari total glukosa yang tersedia dalam sistem Anda setiap hari.

2. Kurang Tidur

Mungkin tidak mengejutkan bagi Anda bahwa kurang tidur akan membuat Anda merasa lesu dan pelupa pada hari berikutnya. Alasannya adalah karena kurang tidur merampas kemampuan neuron Anda untuk berfungsi dengan baik.

Itu mengarah pada penyimpangan mental yang dapat memengaruhi pekerjaan dan hubungan Anda. Tetapi lebih dari itu, indera dan refleks Anda tumpul, sehingga kemungkinan besar Anda akan mengalami kecelakaan berbahaya.

Kurang tidur kronis dapat membuat efek ini permanen. Jika merasa terlalu sibuk usahakan prioritaskan tidur Anda. Luangkan waktu untuk tidur dengan benar dan Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat di hari berikutnya.

3. Makan berlebihan

Studi mengungkapkan hubungan yang mengejutkan antara obesitas dan demensia. Para peneliti menduga bahwa obesitas terjadi ketika makanan yang kita makan kurang bergizi. Bahkan jika Anda makan banyak, Anda masih bisa membuat otak Anda kelaparan.(Liputan6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *