6 Buah Berkadar Air Tinggi Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

oleh -1,843 views

JABARPOS.COM – Di tengah cuaca panas, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik. Di samping banyak minum air putih, mengkonsumsi buah yang kaya air juga dapat memenuhi kebutuhan cairan kita.

Buah-buahan dengan kuantitas air yang kaya, memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat yang akan membuat Anda tetap segar saat beraktivitas.

Berikut adalah beberapa buah yang memiliki kadar air tinggi, dikutip dari NDTV Food:

1. Semangka: menurunkan risiko penyakit jantung
Semangka berisi 92 persen kandungan air. Likopen dan citrulline yang terkandung dalam buah ini memainkan peranan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Stroberi: kaya vitamin C
Stroberi kaya akan vitamin C, mangan, folat, kalium, vitamin B, dan flavonoid yang bisa membantu menjaga kolesterol jahat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam stroberi juga melancarkan pencernaan.

3. Persik: baik untuk kulit
Persik mengandung beta-karoten, likopen dan lutein, yang baik untuk mata dan hati kita. Kadar air dalam buah persik mencapai 88 persen. Buah yang menyegarkan ini memiliki sifat anti-inflamasi. Selain dapat membantu penurunan berat badan, kandungan vitamin C dalam buah persik juga baik untuk kulit.

4. Blewah: menjaga kesehatan mata
Menurut buku ‘Healing Food’, satu porsi blewah memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin A dan C harian Anda. Blewah terdiri 90 persen kandungan air yang juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, bagus untuk menjaga kesehatan mata.

5. Nanas: meredakan sakit tenggorokan
Nanas kaya akan vitamin C, buah yang berair dan lezat ini juga merupakan sumber mangan serta kaya serat. Nanas juga memiliki banyak sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sakit perut.

6. Aprikot: tinggi serat
Aprikot mengandung 86 persen kandungan air. Buah yang rendah kalori dan tinggi serat ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat kulit bersih dan melindungi penglihatan. (JPC/Detikcom)