Manfaat Sehat Tempe, Si Kotak Kedelai Kaya Protein Asli Indonesia

oleh -2,353 views

JABARPOS.COM – Tempe merupakan makanan asli Indonesia, yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan dibentuk menjadi kotak. Tempe bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, dan tentunya juga bergizi tinggi.

Secara umum, mengonsumsi makanan berdasar kacang kedelai secara rutin bisa memberimu manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi, sekitar 31 gram dalam 128 gram tempe.

Dikutip dari Live Strong, tempe mengandung protein berkualitas tinggi dan komplit yang dapat memberimu seluruh asam amino yang wajib diasup dalam sehari. Protein ini bisa membantumu menjaga kesehatan jaringan otot dan membuat enzim yang dibutuhkan sel-sel tubuh untuk berfungsi.

“Protein dalam tempe dapat secara mudah diserap dan digunakan sama seperti protein yang berasal dari sumber hewani, misalnya seperti telur atau daging, sehingga membuatnya sangat baik sebagai tambahan pada diet vegetarian dan vegan,” tulis situs tersebut.

Mengonsumsi tempe juga menambahkan tembaga dan mangan, dua mineral yang membantu pemulihan luka dan mendorong kekuatan jaringan dengan meningkatkan sintesis kolagen. Mangan dalam tempe juga membantu membersihkan glutamat, sebuah racun saraf dari otak, sementara tembaga meningkatkan komunikasi sel otak.

Tak hanya itu, tempe juga memiliki kandungan riboflavin dan niacin. Keduanya adalah vitamin pengaktif enzim yang dibutuhkan sel-sel metabolisme untuk berfungsi. Riboflavin menyehatkan mata dan kulit, sementara niacin membantu mengendalikan nafsu makan.

Akan tetapi satu hal yang perlu dicatat, walau menyehatkan namun tempe merupakan makanan yang tinggi kalori, sekitar 320 kali per 128 gramnya. Oleh karena itu pantau porsi tempe yang kamu makan agar tidak berlebihan terutama jika kamu sedang berdiet.(Jpc/Detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *