Tanggul Tak Kunjung Diperbaiki,Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

oleh -2,569 views

JABARPOS– Ratusan rumah di Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kebanjiran. Banjir terjadi akibat tanggul sungai jebol yang tak kunjung diperbaiki.
Banjir merendam RW 09 dan RW 14 Kampung Sukasari, Desa Mekarpawitan, Kecamatan Paseh. Banjir menggenangi pemukiman warga ini berasal dari Sungai Tarikolot.

Ketinggian air banjir yang menerjang pemukiman bervariatif, mulai betis hingga lutut orang dewasa. “Banjir ini terjadi pascahujan dengan intensitas tinggi, air datang sekitar Pukul 18.00 WIB,” kata warga setempat Omon (40).

Hingga Pukul 21.00 WIB air masih menggenangi pemukiman. Agar air tidak masuk ke dalam rumah, sejumlah warga menutup gerbang dan pintu masuk menuju rumah menggunakan papan kayu serta karung berisi tanah.

Selain tanggul jebol yang tak kunjung diperbaiki, Omon menambahkan, terjadi pendangkalan di Sungai Tarikolot. Sehingga, kata dia, saat hujan besar rumah warga pasti terendam banjir.

“Sungainya sempit dan dangkal, ditambah air kiriman dari wilayah Bojong (Kecamatan Majalaya),” ujarnya.

“Banjirnya sementara, beberapa jam juga langsung surut kembali,” kata Omon menambahkan.

Sudah 3 Tahun Tanggul Dibiarkan Jebol

Ketua RW 09 Adang mengatakan sekitar ratusan rumah warga terdampak banjir. “Kurang lebih sekitar 200 rumah, terendam,” ucapnya.

Meski sudah dilakukan kerja bakti untuk mengangkat endapan tanah di sungai tersebut, menurut Adang, banjir tetap terjadi bila hujan deras.

“Endapan tanahnya harus dikeruk menggunakan alat berat, kalau manual tetap saja gini,” kata Adang.

“Tanggul jebol juga, memberikan dampak dari banjir ini. Kalau tanggulnya enggak jebol, air akan lurus ke sungai enggak meluber ke pemukiman,” ujarnya.

Dia mengungkapkan tanggul jebol ini sudah dibiarkan selama tiga tahun. “Laporan ke kecamatan sudah, pernah ada juga yang cek ke sini, tapi tak kunjung diperbaiki,” tutur Adang.
(detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *