Tiga Program Ini jadi Prioritas Gubernur Jabar untuk Majukan Pariwisata Pangandaran

oleh

JABARPOS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memprioritaskan tiga program untuk membangun sektor industri pariwisata di Kabupaten Pangandaran agar dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dari sisi provinsi kita sudah siapkan upaya membangun pariwisata di Pangandaran,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Destinasi Wisata Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11/2108).

Ia menyebutkan tiga program yang sedang diupayakan Pemerintah Provinsi Jabar yakni meminta kepada pemerintah pusat untuk mengabulkan pelebaran jalan darat dari Kota Banjar sampai Pangandaran.

Upaya selanjutnya, kata dia, mengaktifkan kembali jalur kereta api Bandung-Pangandaran yang sudah lama tidak beroperasi sehingga wisatawan dapat mudah menjangkau Pangandaran dengan menggunakan kereta api.

“Memastikan jalur kereta api Bandung-Pangandaran karena ini (kereta api) sangat diminati,” katanya.

Ia menambahkan, program ketiga yakni pengembangan Bandar Udara Nusawiru agar jalur pendaratannya lebih panjang sehingga bisa digunakan pesawat komersial.

Ia berharap, keberadaan Bandara Nusawiru dapat memudahkan wisatawan dari Jakarta menuju Pangandaran dengan jarak tempuh lebih cepat dibandingkan jalur darat.

“Pengembangan Bandara Nusawiru dipanjangkan lebih bagus sehingga orang dari Jakarta bisa sampai Pangandaran 45 menit,” katanya.

Ia berharap upaya pengembangan pariwisata di Pangandaran dapat dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan masyarakatnya.

Pangandaran, lanjut dia, harus menjadi objek pariwisata yang menarik dan terbaik sehingga memberikan keuntungan bagi masyarakatnya.

“Pangandaran harus menjadi yang terbaik, bagaimana semua yang terbaik, semua harus ikut irama,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Ia menjelaskan, semua pihak memiliki perannya masing-masing, seperti pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata harus bisa masuk dalam agenda nasional.

Selanjutnya peran Bupati Pangandaran, kata dia, memastikan masalah teknis, termasuk persoalan perizinan investor yang mudah dan tertib dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Ridwan Kamil juga berharap pemerintah daerah dapat mengatasi masalah ketertiban, keamanan dan kebersihan di kawasan objek pariwisata Pangandaran.

“Tugas masyarakat berpartisipasi, menyukseskan pariwisata,” katanya. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *