Bendera Berukuran Besar di Gunung Batu Ingatkan Kita Pada Peristiwa Jelang Kemerdekaan 14 Agustus 1945

oleh -2.229 views

LEMBANG, Jabarpo.com – Sejumlah pemuda-pemudi di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat mengibarkan bendera merah putih dengan cara berbeda, yakni di tebing Gunung Batu di perbatasan Desa Langensari dan Pagerwangi, Selasa (14/8/2018).

Gunung Batu yang memiliki ketinggian sekitar 1.336 meter di atas permukaan laut, menjadi salah satu ikon Lembang, jika kita berada di atas akan terlihat pemandangan kota bandung terhampar di bawahya.

Kepala Desa Pagerwangi, Agus Ruhidiyat mengatakan kegiatan pengibaran bendera merah putih di Gunung Batu merupakan agenda rutin setiap tahunnya oleh karang taruna dan komunitas pencinta alam Kecamatan Lembang.

Momen ini, bagi Agus, sebagai momentum membangkitkan semangat perjuangan generasi muda dengan harapan para generasi muda dapat lebih kreatif dan maju dalam pembangunan di Indonesia, Lembang khususnya.

“Gunung Batu ini ikon dari Lembang yang merupakan sebagai tempat wisata dengan ciri khas bukit nan indah dan bendera pun dapat terlihat oleh warga dari bagian utara Lembang,” ujarnya saat diwawancara di atas gunung batu.

Selanjutnya, pengibaran bendera merah putih di 2019, kata Agus, rencananya akan lebih panjang dan lebar dari segi ukuran benderanya. Dalam kegiatan ini hadir pula para mahasiswa dari IKIP Siliwangi yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pagerwangi, serta para komunitas pecinta alam.

Kesempatan yang sama, ketua pelaksana pengibaran bendera dari Karang Taruna Desa dan Kecamatan Lembang mengaku pengibaran bendera dilakukan sebelum 17 Agustus karena sebagai pengingat bahwa dahulu pada 13 dan 14 Agustus itu momen saat golongan muda meminta kepada Bung Karno memproklamirkan Kemerdekaan, sekaligus mengingatkan peristiwa jepang menyerahkan Indonesia kembali pada sekutu, dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

“Kami sengaja pilih 14 Agustus, karena masih ada rangkaian kegiatan pada 16 Agustus karnaval, dan 17 agustus upacara inti,” ujarnya. (AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *