Berbagai Kreatifitas Jelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus

oleh -4.228 views

Bandung, Jabarpos.com – Beragam kreativitas masyarakat untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus mendatang. Tidak melulu hanya sekedar mengibarkan bendera merah putih, tetapi juga membuat berbagai macam karya kreatif untuk memeriahkan Indonesia yang ke 73.

Ada yang menghias gapura, lingkungannya dengan berbagai kreativitas, bahkan ada yang membuat miniatur tank, perahu, helikopter bahkang berbagai patung ber ukuran besar. Uniknya, karya-karya kreatif itu berbahan dasar bambu dan limbah kardus.

Biasanya warga menyelesaikan pembuatan kendaraan berukuran besar tersebut sebelum nantinya dipamerkan saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia biasanya dalam arak-arakan /Karnaval.

Kerangka awal pembuatan kendaraan darat, laut dan udara itu menggunakan bambu. Kemudian, bagian luarnya dilapisi limbah kardus.

Setelah dilapisi menggunakan kardus bekas, tank, perahu dan helikopter itu dicat menggunakan cat berwarna khas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan perahu diwarnai merah putih.

Biasanya agar tank, perahu dan helikopter itu bisa berjalan, menggunakan roda lori, gerobak ada juga yang menggunakan sepeda mini,sepeda motor bahkan mobil, yang disimpan di dalam rangka, untuk menambah keasliannya ditambahkan lodong (meriam bambu) untuk suara ledakan menggunakan karbit.

Kreatifitas ini biasanya dilombakan dalam setiap karnaval agustusan yang merupakan pesta besar rakyat indonesia dimanapun. (AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *