Cara Alami Kembalikan Indra Penciuman yang Hilang dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

oleh -681 views

JABARPOS.COM – Tak perlu panik jika kehilangan indra penciuman. Ada banyak cara alami untuk mengembalikan indra penciuman, salah satunya dengan menggunakan lima makanan sehat ini.

S pandemi COVID-19, kehilangan indra penciuman menjadi salah satu gelaja atau indikasi dari seseorang terpapar virus satu ini. Meski sebagian orang biasanya mendapatkan indra penciuman mereka kembali dalam waktu beberapa hari, banyak juga yang panik karena tak kunjung pulih.

Kondisi ini disebut juga dengan anosmia, yang bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi hingga menicum aroma dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Seperti buah lemon, bawang putih, jahe dan masih banyak lagi.

Berikut lima makanan sehat yang bisa membantu memulihkan indra penciuman secara alami, seperti dilansir dari detikcom.

1. Jahe
Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki sederet khasiat. Bahkan selama pandemi COVID-19, jahe banyak dicari karena jahe adalah cara terbaik untuk mengembalikan indra penciuman.

Itu karena jahe senyawa aktif yang membantu mengatasi kondisi indra penciuman dan perasa. Cara mengonsumsinya, kamu bisa potong jahe dan kunyah secara perlahan.

Atau bisa juga membuat wedang jahe, yakni dengan menyeduh jahe dengan air hangat. Kamu dapat mengonsumsi wedang jahe setiap pagi sebelum beraktivitas.

2. Bawang Putih
Bukan hanya sebagai bumbu penyedap, mengonsumsi bawang putih juga merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang efektif. Bawang putih dikemas dengan sifat anti inflamasi.

Sifat tersebutlah yang berperan melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman. Juga terdapat kandungan asam risinoleat yang menunjukkan bahwa sifat anti inflamasi dapat mengatasi masalah hidung tersumbat.

Cara mengonsumsinya, ambil 2-3 siung bawang putih. Kemudian rebus hingga airnya mendidih. Air rebusan bawang putih itulah yang dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Tambahkan garam agar rasanya tidak terlalu membebani.

3. Minyak Kelapa
Cara mengembalikan indra penciuman secara alami bisa menggunakan minyak kelapa. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup masukkan minyak kelapa ke dalam mulut. Kemudian diamkan selama 5-10 menit.

Baru kemudian kumur-kumur menggunakan air hangat. Proses penyembuhan ini bisa dilakukan setiap pagi. Selain dapat mengembalikan indra penciuman, minyak kelapa juga ampuh untuk mengatasi penyakit lainnya.

Mulai dari mengobati sakit tenggorokan, masalah paru-paru seperti infeksi, alergi dan lain-lain pada saluran pernapasan.

4. Lemon
Cara mengembalikan penciuman juga bisa dengan mengonsumsi asam sitrat. Nutrisi tersebut banyak terdapat di dalam kandungan lemon. Asam sitrat pada lemon dapat membangkitkan dan membangkitkan indra perasa.

Selain itu, rasa asam yang kuat pada lemon berperan untuk mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan. Dengan mengonsumsi lemon dapat membuat lidah bisa mengecap rasa asam dan manis.

Kamu bisa mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air warm. Bisa juga ditambah dengan madu agar lebih nikmat. Ramuan air lemon ini cocok diminum pagi hari untuk tingkatkan semangat.

5. Cuka Apel
Cara mengembalikan indra penciuman bisa dengan memanfaatkan cuka apel. Cuka apel memang selalu dikenal sebagai obat untuk infeksi hidung, hidung tersumbat dan sinus yang dapat menyebabkan indra penciuman.

Cuka apel memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba. Itulah Senyawa yang mengembalikan uang penciuman yang hilang. Cara mengonsumsi cukup ambil satu sendok cuka apel.

Kemudian masukkan ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga rata dan bisa langsung diminum. Supaya rasanya lebih nikmat juga bisa menambahkan madu. (mg1)