Ini Perbedaan Gejala Covid-19 Pada Orang yang Sudah Vs Belum Divaksinasi

oleh -685 views

JABARPOS.COM – Sebagian orang yang sudah divaksinasi masih bisa terinfeksi COVID-19. Fenomena ini disebut sebagai breakthrough infection dan menurut data dari berbagai penelitian sebagian besar orang hanya mengalami gejala ringan saja.

Ini jadi salah bukti bahwa vaksin dapat memberikan efek perlindungan, meski tidak bisa sampai 100 persen mencegah infeksi.

Terkait hal tersebut, satu studi yang dilakukan para peneliti di Inggris melihat perbedaan gejala COVID-19 antara orang yang sudah divaksinasi dengan yang belum. Seperti dikutip dari detikcom, penelitian Zoe COVID Symptom Study mengumpulkan data survei dari pasien COVID-19 lewat aplikasi dan menyusun gejala yang paling banyak dilaporkan.

Tampak pola gejala terbanyak yang muncul dari orang yang sudah divaksinasi lengkap, baru mendapat satu dosis, dan belum divaksinasi bisa berbeda. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Zoe COVID Symptom Study pada Rabu (28/7/2021):

Gejala COVID-19 terbanyak dari orang yang sudah divaksinasi lengkap:

Sakit kepala
Hidung meler
Bersin-bersin
Sakit tenggorokan
Hilang indra penciuman

Gejala COVID-19 terbanyak dari orang yang baru mendapat satu dosis vaksin:

Sakit kepala
Hidung meler
Sakit tenggorokan
Bersin-bersin
Batuk tak berhenti

Gejala COVID-19 terbanyak dari orang yang belum divaksinasi:

Sakit kepala
Sakit tenggorokan
Hidung meler
Demam
Batuk tak berhenti

“Menariknya, kami melihat bersin-bersin dilaporkan sebagai gejala pada orang-orang yang sudah mendapat minimal satu dosis vaksin. Bila Anda sudah divaksinasi kemudian sering bersin tanpa penyebab jelas, sebaiknya coba lakukan tes COVID, terutama bila Anda tinggal atau bekerja di sekitar orang berisiko tinggi,” ungkap peneliti. (mg1)