Banjir Capai 80 Sentimeter di Tangsel, BPBD Evakuasi Warga

oleh -569 views
(Foto: BPBD Tangsel)

JABARPOS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir parah dengan ketinggian mencapai 80 sentimeter. Banjir ini dipicu oleh hujan deras sepanjang hari di kawasan Jabodetabek, merendam 10 RT di empat kelurahan di Tangsel. Banjir paling parah terjadi di Jalan Wijaya Kusuma, Perum Pondok Safari, Jurang Mangu Barat, dengan ketinggian air mencapai 40-80 sentimeter.

BPBD Tangsel telah mengerahkan personel untuk mengevakuasi warga menggunakan perahu ke kantor kelurahan setempat.

“Evakuasi atas permintaan warga pemilik rumah mengingat rumahnya sudah terendam kurang lebih 40 sentimeter, dan kita evakuasi ke kantor Kelurahan Jurang Mangu Barat,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Essa Nugraha, Sabtu (6/7)

Sebanyak 100 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Perum Pondok Safari Jurang Mangu, dengan jalanan dan rumah warga terendam air. Selain itu, tiga kelurahan lainnya di Tangsel juga mengalami banjir, yaitu Pamulang Barat, Rempoa, dan Jombang. Total keseluruhan KK terdampak mencapai 668 KK.

Di samping banjir, hujan deras juga menyebabkan longsor di dua titik, di Kelurahan Keranggan dan Ciputat. Kejadian ini menutup saluran drainase dan merusak beberapa rumah warga di sekitarnya.***