Listrik Gratis Berakhir Tapi Masih Ada Diskon, Begini Cara Dapatkannya

oleh -1,147 views

JABARPOS.COM – Pemerintah masih memberikan stimulus listrik bagi masyarakat, hanya saja skemanya berubah. Kini listrik gratis tidak ada lagi, namun diskon listrik masih ada.

Pemberian diskon listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha seperti industri dan bisnis, serta sosial yang terdampak COVID-19 masih akan diperpanjang sampai Juni 2021.

Stimulus diberikan dalam bentuk diskon listrik 50% dan 25%. Diskon 50% diberikan kepada pelanggan 450VA subsidi yang sebelumnya mendapatkan listrik gratis sampai Maret 2021.

Sementara, diskon 25% diberikan kepada pelanggan 900VA subsidi, sebagai ganti diskon 50% yang hanya berlaku sampai Maret 2021 ini.

“PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak Covid-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar,” tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dalam keterangan tertulis, Senin (22/3/2021) dikutip dari detikcom

Diskon listrik akan didapatkan oleh pengguna pascabayar dengan memotong tagihan rekening listrik bulanannya secara otomatis. Sementara untuk pelanggan prabayar alias yang menggunakan token, diskon bakal berlaku saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” tambah Bob.

Khusus bagi pelanggan 450 VA pasca bayar, PLN mengingatkan agar bulan depan kembali membayar listrik yang sudah mendapatkan diskon. Pasalnya, sejak tahun lalu stimulus listrik gratis diberikan kepada pelanggan golongan ini.

“Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50%,” ucap Bob.

Berikut daftar lengkap penerima stimulus diskon listrik PLN periode April-Juni 2021:
1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50% hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum. (mg1)