Catat! Berikut Jadwal Terakhir Pendaftaran KIP Kuliah

oleh -86 views

JABARPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merilis jadwal terakhir pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Untuk pembukaan akun siswa sudah dimulai Februari kemarin dan akan ditutup pada 31 Oktober 2021.

Sedangkan untuk tingkat Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) telah ditutup pada 18 Maret 2021. Masih dalam laman Kemdikbud, untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) juga telah ditutup paa Februari lalu.

Seperti dikutip dari bertuahposcom, untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan ditutup pada akhir bulan ini, 31 Maret 2021.

Untuk pendaftaran KIP Kuliah, siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web sistem KIP Kuliah pada laman Kemdikbud atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

Yang perlu diketahui selain Jadwal Terakhir pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini, dari awal pada saat pendaftaran siswa diminta memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alama email yang valid dan aktif.

Seperti diketahui, jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah tahun 2021 sebanyak 200.000 mahasiswa dengan besaran tertinggi Rp 8 juta per semester. Namun skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah berganti menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) mahasiswa.

Hal ini di ungkapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam rapat kerja dengan komisi X DPR akhir pekan lalu.

Dampak perubahan skema KIP Kuliah menjadi BLT Mahasiswa ini juga juga mengubah sistem pada pemberian beasiswa dari sebelumnya Rp 2,4 juta kini disesuaikan dengan program studi yang ditempuh.

“Selama ini kita ini bikin KIP Kuliah untuk mobilitas sosial, untuk meningkatkan kemampuan anak-anak kita agar bisa bermimpi besar. Tapi kalau semuanya dipagu Rp2,4 juta per semester apa yang terjadi, anak yang kurang mampu tapi berprestasi menjadi tidak percaya diri. Jadi mereka keburu kalah duluan, jadi mereka memilih kampus yang biayanya masih masuk dalam KIP Kuliah itu,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR.

Ia menerangkan, ada kampus yang biaya kuliahnya mencapai Rp10 juta per semester dan banyak kampus yang lebih baik yang biaya kuliahnya jauh lebih tinggi. Dengan perubahan mekanisme bantuan KIP tersebut untuk membantu anak-anak kurang mampu untuk lebih berprestasi Kemendikbud meningkatkan anggaran KIP Kuliah pada 2021 dari sebelumnya Rp1,3 triliun menjadi Rp2,5 triliun. (mg1)