50 Pemain dan Pelatih Asing di Piala Menpora 2021 Divaksin Corona

oleh -676 views

JABARPOS.COM – Sebanyak 50 pemain dan pelatih asing yang berlaga di Piala Menpora 2021 mendapat vaksinasi Covid-19. Tapi dengan satu syarat.

Sebelumnya, sejumlah pelatih asing di Indonesia direncanakan mendapat vaksinasi COVID-19 dari pemerintah Indonesia pada 26 Februari lalu. Salah satu di antaranya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tapi urung dilakukan kerena ganjalan regulasi.

Aturan Kementerian Kesehatan terkait penerima vaksinasi Warga Negara Asing (WNA) di berbagai sektor yang belum dirumuskan.

Tapi kini, vaksinasi untuk WNA sudah bisa diberikan, khususnya yang mengikuti Piala Menpora 2021.

“Semula untuk WNA memang tidak bisa divaksin tapi mulai kali ini bisa, karena selama di Piala Menpora ini ada 50 WNA,” kata Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto, Selasa (23/3/2021) dikuip dari detikcom

“Tapi dengan satu syarat, ini bukan dari kami (syaratnya) tapi dari Kemenkes. Jangan kemudian bawa-bawa kerabatnya. Lalu bada istri pemain atau pelatih, lalu anak, karena untuk ketentuan WNA sebenarnya belum ada,” ujarnya.

“Khawatirnya kalau mereka menyalahgunakan terlalu mengajak ini, ini, akibatnya jadi isu sensitif. Tetapi kenapa diberikan karena WNA yang ada di olahraga ini interaksinya tinggi,” Gatot mengungkapkan alasan akhirnya memperbolehkan WNA divaksin.

Lebih jauh Gatot menjelaskan, jadwal vaksinasi tahap pertama untuk Piala Menpora sudah mulai berlangsung hari ini di Solo. Sementara di Malang akan berlangsung pada keesokan harinya, dilanjutkan di Bandung dan Sleman pada 25 dan 26 Maret 2021.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 sudah berlangsung sejak 21 Maret lalu. Hal itu ditandai dengan inspeksi yang dilakukan Menpora Zainudin Amali di kota Solo pada hari yang sama. (mg1)