Intip Masjid Unik di Tengah Perkampungan Garut

oleh -1,006 views

JABARPOS.COM – Sebuah masjid unik berdiri tegak di tengah-tengah perkampungan warga di Kabupaten Garut. Uniknya, masjid tersebut dibalut dengan aneka warna.

Tidak seperti masjid-masjid pada umumnya yang biasanya dihiasi dengan dua hingga tiga warna dominan, masjid ini terlihat menonjol karena catnya yang warna-warni.

Hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan masjid warna-warni ini. Sebab, masjid tersebut terletak di tengah-tengah perkampungan warga Garut.

Masjid tersebut tepatnya terletak di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cisurupan. Sekitar 17 kilometer dari pusat perkotaan Kabupaten Garut ke arah selatan.

Menurut Yusup (55), Ketua RT setempat, masjid itu sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

“Sudah ada sekitar 20 tahunan,” ucap Yusup kepada wartawan.

Dikutip dari detikcom, masjid Al-Zahroh diketahui merupakan masjid yang dikelola oleh sebuah yayasan. Tepat di samping masjid ada bangunan taman kanak-kanak (TK).

Di bagian luar masjid, warna-warna mencolok seperti kuning, biru, merah hingga hijau tampak menghiasi tembok dan setiap sudut masjid. Selain dinding, kubah pun dicat berwarna-warni.

Meskipun dicat dengan beragam warna, namun tidak menghilangkan ornamen islami pada bangunan masjid tersebut. Di bagian langit-langit, terlihat ornamen seperti bintang segi delapan yang kerap dijumpai di berbagi masjid.

Selain digunakan untuk solat berjemaah, masjid itu juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya.

“Biasa dipakai ibu-ibu pengajian juga di sini,” ungkap Yusup. (mg1)