Ada Yang Unik Dalam Syukuran di Kampung Cibedug

oleh

Jabarpos.com. Lembang- Gelar Sukuran yang Unik,Sekitar 400 lebih  warga Kampung Cibedug, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat membawa dan memukul kohkol (kentongan) saat acara ruwatan desa, Minggu (8/4/2018).

Ratusan warga yang memukul kohkol ini tercatat dalam rekor original rekor Indonesia (ORI).

Jajang Ruhiat, Kepala Desa Cikole, yang akrab disapa kang Monas mengatakan, Ruwatan desa ini rutin di gelar  setiap tahunnya sejak dulu sampai sekarang, sebagai tanda syukur pada yang maha kuasa.

“Tapi, untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumya, dengan kegiatan memukul kohkol terbanyak, dan bekerja sama dengan original rekor Indonesia,” kata Jajang di lokasi.

“Sedangkan filosofi dari kohkol itu sendiri, ialah menandakan bahwa warga selalu siap dalam melaksanakan apapun dan siap menghadapi situasi kondisi apapun” Jelasnya.

“Dengan gotong royong para warga, menandakan adanya kebersamaan dan persatuan melalui kohkol, sehingga ini pun pertanda bahwa kami harus selalu waspada dan siap dalam situasi kondisi apapun,” ujarnya.

Kenapa kohkol yang dipilih, Jajang menyebut, disesuaikan dengan situasi saat ini masyarakat dalam menghadapi pilkada, agar selalu tercipta keamanan dan kenyamanan dalam helaran pilkada serentak 2018 nanti.

(AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *