Goa Pawon, Memiliki Histori Peradaban Masusia Purba Di Bumi Parahiyangan

oleh -1.477 views

Jabarpos.com Babdung Barat – Citatah bukan hanya gunung dan taman batu saja yang menarik untuk di jelajahi, disini pun terdapat salah satu Situs Purbakala, yakni Gua Pawon.

Goa Pawon merupakan cagar alam yang menyimpan sejarah perkembangan manusia Purba di bumi parahiyangan, setelah di temukan sekitar lima Krangka manusia Purba, di Goa Pawon oleh ahli arkeolog dengan dinas kepurbakalaan Jawa Barat  Tahun 2017 lalu.

Namun bukan hanya krangka saja yang ditemukan didalam goa, ada beberapa peralatan memasak dari tembikar, juga artepak perhiasan, gerabah, centong dan lainya.  kita bisa pelajari dari mulai cara berburu,masak,makan,tidur dan lainya yg di lakukan manusia purba dulu.  Sudah barang tentu bahwa Goa Pawon Menyimpan sejarah peradaban Masuia Purba di Bumi Parahiyangan ini yang patut kita telusuri.

Goa Pawon berada di perbukitan Kapur tepatnya di kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, di ketinggian 601 meter diatas permukaan laut, panjang goa 38 meter dengan lebar 16 meter. Masuk kedalam gua akan di sambut petugas yang akan menemani sekaligus egan  prihal keberadaan goa pawon ini.

di bagian atas kiri goa ada sebuah tempat di beri nama Sumur Bandung, sebenarnya bukanlah sebuah sumur, tapi lebih kepada kolam kecil yang cukup dalam dan berisi air.

baca juga : Eksotiknya taman batu citatah.

di kawasan goa pawon, tepatnya di gunung masigit banyak pecinta alam atau komunitas melakukan panjat tebing, mengingat kawasan gunung masigit ini terkenal akan batuannya yang menantang bagi pemanjat. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *