Keseruan Main Kadaplak di Batu Loceng

oleh -1.626 views

Jabarpos.com. LEMBANG – Kampung Batu Loceng Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang ini, bukan hanya memiliki alamnya indah, udaranya sejuk, penduduknya ramah, ada yang menarik di kampung Batu Loceng ini yaitu Kadaplak.

Bukan makanan bukan pula minuman, tapi satu jenis permainan jaman dulu yang kini di lestarikan kembali oleh para orang tua atau sesepuh kampung batu loceng, kepada generasi muda di kampung tersebut agar tetap lestari.

Kadaplak jenis mobil-mobilan dan bisa di naiki satu bahkan dua orang, terbuat dari kayu sampai rodanyapun kayu bekas dibentuk bulat, untuk pelumas rodanya menggunakan bunga daun sepatu.

Permainan ini biasa digelar anak-anak sore hari sepulang sekolah, kadaplak tidak hanya digemari anak-anak saja, melainkan orang dewasa banhkan orang tua sekalipun, sepulang bekerja dari kebun, tapi kalo hari libur mereka biasanya dari pagi.

Permainan Kadaplak  ini jadi destinasi wisata baru di batu loceng, bermain dan berolah raga, sabelum mulai menaiki kadaplak, harus dibawa ke atas bukit setelah itu, barulah kita mulai menyusuri jalan menurun dan berkelok kelok, tak ayal di setiap belokan ada yang terjatuh bahkan terbalik, menambah keseruan permainan itu.

untuk membelokan roda depan kadaplak dibuat seperti stang speda motor itupun dari kayu, sedangkan remnya hanya mengandalkan kaki ke tanah sekaligus menjaga keseimbangan, untuk keselamatan bagi yang bermain Kadaplak di wajibkan memakai Helem.

Panjang lintasan sekitar 300 meter bahkan lebih sedangkan lebar jalannya sekitar dua meter, melintasi pohon pinus.

Kalau hari minggu atau hari libur, semakai ramai yang bermain kadaplak, sebagian warga juga wisatawan ada yanghanya berjejer di sepanjang lintasan melihat permainana itu.

Kadaplak menjadi salah satu permain paporit, sambil mengenang masa kecil dulu baik warga maupun wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kampung Batu Loceng. (AP)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *