Wisata Edukasi Murah yang Bersejarah, di Lembang

oleh -2.089 views

Jabarpos.com. LEMBANG – Berwisata ke Lembang tentunya tak akan pernah bosan, dengan adanya destinasi wisata baru, begitu banyak pilihan untuk dikunjungi.

Berbeda saat era 80-90an, tak banyak obyek wisata saat itu, hanya ada beberapa saja seperti Maribaya,  itupun tidak seperti sekarang, Tangkuban Perahu, Curug Cimahi (Curug Pelangi) kini.

Namun saat ini sangat banyak pilihan, ada yang alami ada juga buatan, bahkan beberapa desa di Kecamatan Lembang ini memiliki obyek wisata baru.

Sesuai program pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang mencanangkan Desa Wisata.

Bagi desa-desa yang memiliki potensi, baik potensi alam maupun potensi kreatipitas warganya, tidaklah sulit menata daerahnya dan akan meningkatkan perekonomian warganya.

Seperti Puncak Bentang Matahari di kawasan Gunung Putri, Benteng Belanda dan perkemahan di Pasir Ipis, Nyawang Bandung di Cisaroni, berada di dua desa. Desa Jayagiri dan Desa Cikahuripan.

Tak ayal setiap hari Sabtu dan Minggu Lembang menjadi serbuan wisatawan dari luar Kota Bandung bahkan mancanegara, dampaknya macet dari dari berbagai arah masuk Kota
Lembang, apalagi kalo libur panjang.

Selain berwisata alam dan kuliner, di Lembang juga bisa berwisata edukasi (Sejarah), Lembang memiliki bangunan-bangunan peninggalan kolonial belanda.

Beberapa bangunan peninggalan Belanda yang ada di Lembang; Observatorium Bosscha, Grend Hotel Lembang, Gedong Hejo di Baru ajak lembang, Rumah Dennis di belakang Polsek Lembang, Pendopo Alun-alun Lembang, Puskesmas Jaya giri, Taman Junghun di Jaya giri, Benteng Belanda yang ada di Cisaroni, Pasir Ipis dan Gunung Putri, Gedong Luhur SMPN 1 Lembang yang  sebelumnya pernah juga dipakai Kantor Polisi Lembang, Benteng Jepang di Pasir Malang Lembang.

Dulu Lembang pernah menjadi Distrik jaman Kolonial Belanda, para pengusaha perkebunan dan peternakan pernah tinggal di Lembang.

Kalau kita telusuri, masih banyak peninggalan belanda di Lembang
yang wajib kita telusuri sejarahnya, akses jalannya mudah biayanyapun murah. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *