Di Gunung Batu,Seperti Berada di Atas Awan

oleh -1.945 views

Jabarpos.com. LEMBANG- Lembang merupakan daerah tujuan wisata, baik lokal maupun mancanegara di Kabupaten Bandung Barat, memiliki panorama alam yang sangat indah.

Lembang memiliki beberapa gunung selain Gn Tangkuban Perahu, salah satunya Gunung Batu. Gunung Batu berada di antara dua Desa, Desa Pager Wangi dan Desa Langensari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Gunung batu memiliki ketinggiang 1335 mdpl. Kalau kita berada di puncaknya mata kita akan di manjakan dengan hamparan indah sejauh mata memandang. Gunung Batu terbentuk karna aliran lava dari letusan Gunung sunda purba 5oo ribu tahun silam.

Sebelah Timur kita bisa melihat gugusan Gunung Manglayang dan Gn Bukit tunggul serta perbukitan, sebelah Utara Gunung putri dan Gn Tangkuban Perahu juga kawasan kota lembang, ke barat Gunung Burangrang dan Ofservatorium Bossca, sebelah selatan hamparan kota bandung banghkan kita bisa melihat Ciwidey dan Pangalengan yang dibatasi gunung dan bukit.

Melihat kota bandung dari Gunung batu teringat Cekungan Bandung/ Danau Purba ribuan tahun silam. Bagi para pengila photogafi Gunung batu tempatnya, seba bisa memandang sekeliling dari berbagai sudut dan suasana.

Akses jalan ke Gunung batu sangat mudah, kalau dari kota bandung bis lewat Dago atau Cimbuleut via Punclut, bisa juga lewat jalan Dr Setiabudhi arah Lembang, dari arah Subang lewat jalan Tankuban perahu lewat Cikole Lembang, sekitar satu kilo meter dari pusat kota lembang.

Gunung Batu memiliki tiga destinasi Wisata sekaligus. Wisata alam, wisata Edukasi,wisata Budaya.

Wisata alam: kita bisa menikmati keindahan panorama alam yang terhampar dari atas dan juga bagi yang suka panjat tebing setiap sabtu atau minggu komunitas panjat lembang dan bandung suka berlatih di dinding batu yang menantang nyali.

Wisata edukasi : disana terdapat alat pendeteksi gempa milik BMKG Jabar, karna Gunung batu merupakan bagian kawasan sesar lembang (Patahan Lembang) yang terbentang sepanjang 29 kilo meter dang lebar 300 meter dan dinyatakan masih aktip.

Wisata Budaya : Terdapat pula sebuah bangunan dimana didalamnya terdapat petilasan yang diyakini warga adalah petilasan Eyang jambrong dan Eyang Mangkunagara.

 

Jika pagi hari berada di atas sambil menikmati matahari terbit, seakanĀ  berada diatas awan, dan malas untuk turun karna ke indahannya, cocok bagi yang suka akan ketinggian.(AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *